DetikNews
Minggu 12 Mei 2019, 11:26 WIB

Angkat Isu Kesehatan Mental, Pria Denmark Bersepeda 1 Tahun ke Indonesia

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Angkat Isu Kesehatan Mental, Pria Denmark Bersepeda 1 Tahun ke Indonesia Pesepeda asal Denmark, Emil Hvidtfeldt. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Seorang pria asal Denmark memutuskan untuk bersepeda keliling dunia untuk menggalang dana yang diperuntukkan kepada penderita depresi. Tujuan negara akhirnya yakni Indonesia.

Adalah Emil Hvidtfeldt, pria Denmark yang memutuskan gowes ke Indonesia demi misi kemanusiaan. Dia bersepeda solo dari daerah Nordik ke Indonesia selama 1 tahun, melewati 2 benua, 26 negara, dan lebih dari 18.000 km. Dilaporkan, Emil baru tiba di Jakarta Rabu (8/5/2019).

Kedatangan Emil di Jakarta disambut pihak Kedutaan Besar Denmark Jakarta di kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu (12/5/2019). Penyambutan Emil ini sebagai bentuk penghargaan dari Kedubes atas usaha Emil yang jauh-jauh bersepeda ke Indonesia.

"Karena acara ini juga diadakan oleh Kedutaan Besar Denmark Jakarta, ini untuk menyambut seorang pemuda Denmark namanya Emil Hvidtfeldt yang bersepeda jauh-jauh dari Denmark ke Jakarta," kata Political and Communication Officer Kedubes Denmark, Vremita Desectia di Kedutaan Besar Denmark Jakarta, di Jl MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat.


Pesepeda asal Denmark, Emil Hvidtfeldt. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)Pesepeda asal Denmark, Emil Hvidtfeldt. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom).


Vremita menuturkan, Emil bersepeda untuk menggalang dana bagi penderita depresi. Sebab, kata dia, di Denmark banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental.

"Jadi dia (Emil) ada fundraising untuk Greenland, Association for the Greenlandic Children, LSM di Greenland, yang mereka itu bekerja untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan mental dan sosial di Grindlandia. Soalnya di Grindlandia itu lokasinya sangat-sangat terisolasi secara geografis dan budaya. Jadi banyak orang di sana yang depresi karena sendirian atau jauh," ujarnya.

"Ini salah satu inisiatif dia untuk menggalang dana dengan cara bersepeda. Karena dia terinspirasi juga dengan para pegiat sepeda jarak jauh yang lainnya. Sekarang sih udah melebihi target. Targetnya itu 50.000 danish krone (DKK), sekitar seratus tujuh juta dan sekarang itu udah 63 ribu lebih danish krone, jadi udah Rp 136 juta lebih," imbuh Vremita.



Penyambutan Emil di Jakarta ini juga disertai kegiatan bersepeda bersama warga Jakarta. Kedubes Denmark, kata Vremita, ingin mengajak gerakan bersepeda di kegiatan CFD.

"Kedutaan Denmark kan mendengar berita ini. Jadi kita sangat antusias dan senang ada seorang pemuda Denmark yang sangat bersemangat bersepedah jauh-jauh dan yang dipilih sebagai tujuan akhir adalah Indonesia. Jadi kita merasa terharu juga Kedutaan Denmark di Indonesia, yang dipilih juga Jakarta. Jadi kita buat perayaan kecil-kecilan untuk menyambut Emil. Kita mengajak warga Jakarta untuk bersepeda bersama-sama," katanya.
(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed