KPU soal Rekapitulasi Jakut-Jaktim Belum Tuntas: TPS di Atas 1.000

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 11 Mei 2019 12:41 WIB
Komisioner KPU DKI Nurdin (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Jakarta Utara (Jakut) dan Jakarta Timur (Jaktim) belum juga rampung. KPU DKI Jakarta mengatakan salah satu penyebabnya adalah TPS yang berjumlah di atas 1.000.

"Ya kendala di (Jakarta) Utara sebenarnya secara umum TPS-nya diatas 1.000 ya," kata Komisioner KPU DKI Nurdin, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (11/5/2019).



Selain itu, kotak suara sering dibuka lagi untuk menyamakan dengan data saksi. Proses tersebut juga membutuhkan waktu yang tak sebentar karena banyak interupsi dari beberapa pihak.

"Kemudian akurasi data yang katanya seringkali buka-buka kotak ketika dalam penulisan C1 ini tidak akurat kan kita harus buka kotak, lihat plano, ini kan makan waktu," ujarnya.

Ia menyebut tiap kecamatan membutuhkan waktu 1 jam untuk menyelesaikan perhitungan tiap 1 TPS apabila berjalan lancar. Namun, jika banyak interupsi bisa jadi kotak suara dibuka lagi dan proses rekapitulasi lebih dari satu jam.

"Artinya kalau awalnya kita diberikan 4 paralel kelas satu jam itu kita baru menyelesaikan 4 TPS seperti itu, itu lancar. Kalau tidak lancar buka kotak dan lain-lain itu menyumbang waktu yang lebih banyak lagi. Tapi prosesnya sudah berjalan, sudah final, sudah proses pengadministrasian, mudah-mudahan bisa diselesaikan segera," tuturnya.



Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menunda rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu 2019 di tingkat provinsi. Sebab proses rekapitulasi di tingkat Jaktim dan Jakut belum selesai.

"Kita masih menunggu proses rekapitulasi di Jakarta Utara dan Jakarta Timur yang sampai hari ini masih berlangsung. Jadi kalau misalkan di utara dan timur sudah selesai bisa dilanjutkan di sini," kata Komisioner KPU DKI Nurdin, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (11/5).



Rekapitulasi Pilpres DKI Jakarta: Jokowi Masih Unggul:

[Gambas:Video 20detik]

(yld/haf)