Zulkifli Hasan: Jangan Sampai Gegara Pilpres Nggak Silaturahmi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 20:48 WIB
Ketum MPR Zulkifli Hasan berbuka puasa bersama Presiden Jokowi. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan silaturahmi merupakan jati diri khas orang Indonesia. Kemarahan akan bisa mereda jika sudah silaturahmi.

"Begini, menurut saya, orang Indonesia itu sederhana. Kita punya jati diri yang mudah yang khas, apa? Silaturahmi. Marah, kalau sudah ketemu, marahnya hilang," ujar Zulkifli seusai bukber dengan Presiden Jokowi di rumah dinasnya, kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat (10/5/2019).


Zulkifli menyampaikan itu saat menanggapi pertanyaan wartawan mengenai elite politik yang tidak bisa duduk bersama lawan politiknya seperti yang dia lakukan bersama Jokowi. Seperti diketahui, pada Pilpres 2019, parpol pimpinan Zulkifli, PAN, memutuskan mendukung Prabowo-Sandiaga.

Zulkifli mengungkapkan pentingnya silaturahmi dalam berbangsa dan bernegara pasca-Pilpres 2019. Baik silaturahmi antartokoh parpol maupun tokoh nasional.

"Jadi silaturahmi seperti ini (bukber). Antarketua parpol, antartokoh. Ketemu saja," katanya.


Karena itu, Zulkifli, yang dalam kesempatan ini hanya ingin berbicara sebagai Ketua MPR, mengaku selalu mencoba menjalin silaturahmi dengan siapa pun, termasuk dengan Jokowi, yang tidak didukungnya pada Pilpres 2019.

"Jangan sampai gara-gara pilpres kita nggak bisa ketemu. Wah, repot banget. Kalau tiap lima tahun berapa yang nggak ketemu. Bisa jadi suami-istri nggak ketemu juga," ujar Zulkifli. (mae/idh)