Kakorlantas Minta 'Pak Ogah' Dirangkul Saat Arus Mudik Lebaran

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 20:03 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Refdi (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Lampung Selatan - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri meminta Polisi Lalu Lintas memberdayakan 'Pak Ogah' saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Menurutnya, 'Pak Ogah' harus diarahkan dan menjadi kepanjangan tangan dari polisi.

"Kemudian yang kita kenal dengan Pak Ogah selama ini yang mungkin menurut orang membantu dalam pergerakan mereka, ada juga yang mengatakan tidak membantu dalam pergerakan mereka, bahkan menghambat, ini perlu kita lakukan identifikasi," kata Refdi saat berdialog dengan pejabat Polda Lampung di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (10/5/2019).


Polisi bisa mencoba merangkul 'Pak Ogah'. Saat mengatur lalu lintas di jalan, mereka juga diawasi oleh polisi.

"Syukur-syukur mereka bisa dirangkul, bisa diberi pemahaman. Mereka bisa dimanfaatkan sehingga keberadaan mereka di jalan ini juga perpanjangan tangan kita. Kita yang melakukan pengawasan terhadap mereka," ucap Refdi.


Refdi mengatakan keberadaan 'Pak Ogah' sejak lama tak bisa dibiarkan begitu saja. Mereka harus dilatih agar tak sekadar mengatur kendaraan di persimpangan jalan.

"Jangan mereka dilepas, dibiarkan, syukur mereka bisa bertugas di lapangan sebagai perpanjangan tadi, tapi dengan tanda khusus yang sudah kita berikan pelatihan kepada mereka," ucap Refdi. (aik/idh)