detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 18:41 WIB

3 Pasien Terindikasi Penyakit Misterius Dirujuk ke Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
3 Pasien Terindikasi Penyakit Misterius Dirujuk ke Makassar Kabid P2 Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul (Rei/detikcom)
Makassar - 'Penyakit misterius' menyebabkan puluhan orang sakit dan tiga orang meninggal dunia di Desa Garonggong, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penyakit ini belum teratasi dan korban dengan gejala yang sama dilaporkan terus bertambah hingga kasusnya dikelompokkan dalam kejadian luar biasa (KLB).

"Sampai saat ini dilaporkan ada beberapa penderita yang mengalami demam, tapi kami belum bisa pastikan apakah itu sakitnya penderita tersebut ada hubungan dengan kemarin di Jeneponto. Jadi kita harus pastikan dulu. Karena dalam masa seperti ini, ada dua hal yang biasanya timbul. Pertama, penyakit yang biasanya meski tidak KLB seperti ini dan penyakit KLB yang kemarin. Jadi harus diperiksa lebih detil lagi pasiennya," ujar Kabid P2 Dinas Kesehatan Sulsel Nurul, Jumat (10/5/2019).



Untuk menyelidiki penyakit ini, Dinas Kesehatan dan Kemenkes RI telah membentuk tim khusus bersama para ahli, pakar, dan lembaga terkait guna mengambil sampel darah ternak dan lingkungan sekitar Jeneponto.

Hingga kini, perawatan tiga orang di antara pasien yang terindikasi masih terkena penyakit misterius--dengan gejala demam, sakit kepala, sakit perut, dan nyeri persendian--telah dipindahkan ke Makassar.



"Di RS Wahidin ada tiga dirujuk atas indikasi dan sampai saat ini masih ditangani dokter di RS Wahidin. Hasilnya masih dipantau, tim juga masih menunggu hasil pemeriksaan lab untuk memastikan hasil lab tersebut apakah ada hubungannya dengan penyakit KLB ini," ucap Nurul.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed