Polri Kerahkan Pasukan Asmaul Husna Amankan Demo di Bawaslu

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 14:56 WIB
Pasukan Asmaul Husna Polri jaga Gedung Bawaslu Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta - Massa siang ini berdemo di depan Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Polri menerjunkan Pasukan Asmaul Husna untuk mendinginkan suasana.

Massa aksi meramaikan area di luar gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019). Aparat gabungan telah membentuk barisan pengamanan.

Namun tampak berbeda di demo hari ini, terlihat anggota polisi termasuk Brimob memakai serban putih serta peci. Mereka membentuk satu barisan di depan pagar Bawaslu.


Para anggota Pasukan Asmaul Husna ini berdiri di belakang kawat berdiri. Mereka berdiri sigap sambil memantau jalannya aksi demonstrasi dan orasi yang disampaikan dari atas mobil komando.

Pasukan Asmaul Husna Polri jaga Gedung Bawaslu Pasukan Asmaul Husna Polri jaga Gedung Bawaslu Foto: Eva Safitri/detikcom

Selain di depan Gedung Bawaslu, aparat juga melakukan penjagaan di area sekitarnya termasuk di Gedung Sarinah. Ada juga yang berada di Jalan MH Thamrin membantu melancarkan arus lalu lintas.


Sebagian aparat juga berada di jembatan penyebrangan orang (JPO) di depan Gedung Bawaslu. Sementara JPO tersebut disterilkan dari masyarakat.

Kendaraan taktis, water canon, hingga barracuda juga telah disiagakan di lokasi. Hingga kini pukul 14.38 WIB situasi terpantau kondusif. Belum terlihat adanya Eggi Sudjana atau Kivlan Zein di lokasi. Mereka pada Kamis (9/5) kemarin datang berdemo di Gedung Bawaslu. Kivlan sebagai inisiator massa menuntut pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin didiskualifikasi karena menilai ada banyak kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.


Simak Juga 'Dikawal Polisi, Massa Pendemo KPU-Bawaslu Long March dari Istiqlal':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/hri)