detikNews
Kamis 09 Mei 2019, 17:12 WIB

Cegah Macet Saat Mudik Lebaran, Menhub: Kecenderungan Gunakan One Way

Andhika Prasetia - detikNews
Cegah Macet Saat Mudik Lebaran, Menhub: Kecenderungan Gunakan One Way Menhub Budi Karya Sumadi. (Sylke Febrina Laucereno/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut kemungkinan sistem satu arah (one way) digunakan untuk mengurai kemacetan saat mudik Lebaran 2019. Jurus untuk mengurai kemacetan akan diputuskan dalam waktu dekat.

"Ada 2 alternatif, kita gunakan ganjil-genap atau satu arah. Dari evaluasi yang ada, kita punya kecenderungan untuk menggunakan satu arah. Minggu ini atau awal minggu depan kita putuskan menggunakan yang mana. Nanti setelah diputuskan maka kita akan sosialisasikan," ujar Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).


Budi mengatakan skema one way akan dimulai dari Km 29 Jalan Tol Cikampek hingga Km 262 atau Brebes. Nantinya, jalur Pantura akan dipakai kendaraan yang berjalan ke arah barat selama mudik.

"Sekarang itu kita mulai dari Km 29 sampai Km 262 sampai ke Brebes itu satu arah. Mereka satu arah ke arah timur. Yang dari barat ke timur lewat Pantura. Ini juga yang diinginkan Presiden supaya jalan Pantura itu diutilisasikan," kata Budi.


Terkait adanya keluhan soal mahalnya tiket pesawat sehingga pemudik lebih memilih jalur darat, Budi sudah mengantisipasinya. Namun ia meyakini tidak terjadi penurunan penumpang pesawat secara signifikan saat mudik.

"Kita memang sebenarnya tidak melihat terlalu ke sana. Karena kalaupun turun, pesawat itu tidak terlalu banyak. Karena selama ini justru okupansi mendekati 100 persen, jadi turunnya paling 5 persen. Tapi itu sudah kita antisipasi," ujar Budi.
(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed