detikNews
Kamis 09 Mei 2019, 13:22 WIB

Duar! Tim Jibom Disposal Bahan Peledak dari Toko HP di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Duar! Tim Jibom Disposal Bahan Peledak dari Toko HP di Bekasi Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana melakukan disposal terhadap bahan peledak yang ditemukan di toko HP 'Wanky Cell' Jalan KH Mukhtar Tabrani, Kota Bekasi. Dispolsal dilakukan di lahan kosong di Jalan Pulo Timaha, Kelurahan Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (9/5/2019) pukul 12.30 WIB tampak sejumlah petugas Gegana Mabes Polri dan kepolisian berjaga di lokasi. Polisi melakukan perimeter untuk disposal dengan radius hingga 300 meter.

Satu koper berwarna hitam dibawa oleh 2 petugas Jibom ke tengah lapangan. 4 petugas Jibom lainnya menyusul untuk memastikan posisi bahan peledak.

Setelah meletakkan koper tersebut, petugas kemudian menjauh dari lokasi. Sementara sejumlah warga sekitar berkumpul menyaksikan proses disposal ini.

"Mohon perhatian akan dilakukan disposal bahan bom. Kepada seluruh anggota yang bertugas dan masyarakat di sekitar TKP agar segera mencari perlindungan yang aman," ujar seorang petugas melalui pengeras suara.



Setelah aba-aba hitungan mundur, bahan bom di-disposal. Duaarrr!!

Getaran cukup terasa hingga jarak 300 meter setelah bom tersebut di-disposal. Tampak asap berwarna abu-abu membumbung tinggi.

Di lokasi hadir Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono yang menyaksikan proses disposal. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto juga hadir di lokasi.

"Kita liat sendiri bahwa ada Jibom sudah meledakkan jadi benarnya pipa yang kita temukan mengandung TATP. Jadi kita ledakan, kita sentuh sedikit udah meledak, walau lokasinya terbuka, suaranya masih kenceng juga. Jadi menandakan itu bahan untuk yang diledakkin," tutur Argo.



Simak Detik-detik Bom di Toko HP Bekasi Diledakkan Tim Gegana:

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com