Seekor Lumba-lumba Ditemukan Mati di Pantai Mengiat Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 09 Mei 2019 11:57 WIB
Foto: Seekor lumba-lumba ditemukan mati di Pantai Mengiat, Nusa Dua, Bali. (Dokumen Anastasia)
Denpasar - Seekor lumba-lumba ditemukan mati di Pantai Mengiat, Nusa Dua, Bali. Tetesan darah terlihat dari mata bangkai lumba-lumba itu.

Salah seorang warga, Anastasia mengaku sudah melihat bangkai lumba-lumba itu pada pukul 07.00 Wita. Lumba-lumba itu diduga terdampar karena terbawa arus.

"Tadi saya pukul 07.00 pagi biasa lari di daerah sana sudah ada lumba- lumba ini. Kata orang-orang sekitar subuh memang air pasang dan makanya dia terdampar kebawa arus," kata Anastasia ketika dihubungi detikcom di Bali, Kamis (9/5/2019).


Anastasia mengatakan lumba-lumba itu ditemukan sudah mati. Tidak ditemukan bekas luka di bangkai lumba-lumba tersebut.

"Ada darah keluar dari mata dan mulutnya, sepertinya luka dalem ya. Nggak ada luka luar tadi sudah dibolak balik sama orang-orang. Kasihan banget, sedih," ujarnya.

Terpisah, Kasubag TU BKSDA Bali I Ketut Catur mengatakan laporan penemuan bangkai lumba-lumba diterima pukul 08.00 Wita. Saat ini bangkai lumba-lumba tersebut sudah dibawa ke Turtle Conservation and Education Center (TCEC) Serangan.

"Balai KSDA Bali menerima laporan pukul 08.00 Wita. Sekarang lagi di bawa ke TCEC untuk diautopsi," kata Catur.

Catur mengatakan perairan Bali memang habitat bagi lumba-lumba. Penemuan bangkai lumba-lumba ini juga bukan pertama kalinya selama 2019.

"Secara umum perairan bali memang ada lumba-lumba. Ini penemuan bangkai yang ketiga dengan yang ini," tuturnya. (ams/idh)