DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 22:56 WIB

Kisah Rizky Korban Gempa Palu Bertemu Bintang City Riyad Mahrez

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kisah Rizky Korban Gempa Palu Bertemu Bintang City Riyad Mahrez Muhammad Rizky bertemu dengan Riyad Mahrez. (Foto: dok. Ade Mardiyati)
Jakarta - Gempa Palu, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu, menyisakan kisah pilu bagi Muhammad Rizky. Kini Rizky setidaknya bisa tersenyum lebar karena bisa berjumpa dengan pemain idolanya, bintang Manchester City Riyad Mahrez.

Rizky, bocah 12 tahun, saat itu tengah menonton pertandingan Manchester City di suatu kafe internet ketika gempa mengguncang Palu. Gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September 2018 itu mematahkan tangan Rizky meski si bocah bisa menyelamatkan diri. Rupanya, cerita pilu Rizky mendapat atensi masyarakat Inggris.


"Kisah Rizky sangat menginspirasi orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Inggris. Ketika bencana alam terjadi, kami sebagai teman ingin membantu. Inggris dan Indonesia memiliki persahabatan yang erat dan kami berada di garis depan dalam upaya membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste Moazzam Malik dalam keterangannya, Rabu (8/5/2019).

Riyad Mahrez, pemain berkewarganegaraan Aljazair yang merumput bersama tim biru di kota Manchester, Inggris, sempat memberikan dukungan kepada Rizky melalui video. Sepotong jersey Manchester City lengkap dengan tanda tangan eks pemain Leicester City itu turut dihadiahkan kepada Rizky.

Kisah Rizky Korban Gempa Palu Bertemu Bintang City Riyad MahrezMuhammad Rizky bertemu dengan Riyad Mahrez. (Foto: dok. Ade Mardiyati)

Pada 2 Mei lalu, Rizky dan ayahnya mendapatkan kesempatan mengunjungi Inggris menyaksikan Manchester City bermain. Kandidat kampiun Liga Inggris itu tengah melawan Leicester City sebelum akhirnya menang dengan skor 1-0.

Tiga poin itu membuat City senang karena bisa memuncaki klasemen, begitu pula Rizky, yang bisa bertemu dengan para pemain idolanya dan menikmati jalan-jalan di Liverpool dan Manchester.

"Olahraga dapat berperan dalam proses penyembuhan. Olahraga dapat menyatukan, menginspirasi, dan menghibur kita semua--dan Liga Premier menjadi milik seluruh dunia sebagai liga sepakbola nasional terbesar, paling kompetitif dan mendunia. Bahkan sebagai penggemar Liverpool, saya senang dan sangat tersentuh oleh kemurahan hati Manchester City dan Riyad Mahrez, mengundang Rizky ke Inggris untuk nonton langsung tim favoritnya bermain dan menang!" kata Moazzam.
(gbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed