Round-Up

Prabowo Bela Orang-orangnya yang Tersandung Perkara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Mei 2019 20:58 WIB
Prabowo Subianto (Lamhot Aritonang/detikcom)


Prabowo menduga penetapan tersangka Bachtiar Nasir merupakan buntut penyelenggaraan Ijtimak Ulama III. Dia lalu menyoroti pemanggilan polisi terhadap sejumlah orangnya yang ikut membantu perjuangannya pada Pilpres 2019.

"Kembali diangkat kasus-kasus lama tersebut ini, kami merasa sebagai suatu tindakan sesudah pernyataan Ijtimak Ulama dan Tokoh Nasional yang ketiga dan kita menganggap ini adalah upaya kriminalisasi terhadap ulama dan upaya membungkam pernyataan-pernyataan sikap tokoh masyarakat dan elemen masyarakat. Bagi kami, demokrasi dan kehidupan konstitusi menjamin hak setiap individu untuk menyampaikan pendapat," kata Prabowo.


Nama-nama seperti Ahmad Dhani, Lieus Sungkharisma, hingga Kivlan Zen lantas disoroti Prabowo. Menurutnya, pemanggilan sejumlah nama seperti Lieus hingga Kivlan bisa menimbulkan ketegangan.

Seperti diketahui, Kivlan Zen dan Lieus Sungkharisma dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan makar. Laporan itu kini dikaji polisi.

"Saya kira itu yang secara garis besar kami prihatin dan kami terus mengimbau pihak-pihak berwenang untuk meneliti kembali, mengkaji kembali. Kami mengatakan keyakinan kami bahwa Saudara UBN tidak bersalah sama sekali, sementara kami juga merasa prihatin masih banyak tokoh kami dipenjara. Saudara Ahmad Dhani, Pak Lieus, kalau Lieus saya kira saya yakin bukan HTI, Lieus dipanggil. Eggi Sudjana dipanggil. Buni Yani masih di dalam, Asma Dewi, Pak Kivlan Zen dipanggil dan sebagainya," sebut Prabowo.

Video Prabowo bicara soal Bachtiar Nasir yang jadi tersangka penyelewengan dana yayasan bisa disaksikan di bawah.

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(gbr/idn)