DetikNews
2019/05/08 20:04:47 WIB

Round-Up

Duit Titipan Diakui, Uang di Laci Menag Masih Jadi Misteri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Duit Titipan Diakui, Uang di Laci Menag Masih Jadi Misteri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika tiba di KPK untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan suap 'jual-beli' jabatan di Kementerian Agama. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Lukman Hakim Saifuddin menghabiskan sekitar 5 jam berada di dalam gedung berkelir merah-putih di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Menteri Agama (Menag) itu mengaku tidak hafal berapa pertanyaan yang dilontarkan penyidik KPK kepadanya lantaran--menurutnya--saking banyaknya.

Tuntas memberikan kesaksian dalam kasus dugaan suap yang menjerat mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy, Lukman menyediakan waktunya menjawab pertanyaan wartawan di KPK. Salah satu yang diungkapnya adalah tentang penerimaan uang Rp 10 juta.

"Jadi yang terkait uang Rp 10 juta itu saya sudah sampaikan kepada penyidik KPK bahwa sudah lebih dari sebulan yang lalu, uang itu sudah saya laporkan kepada KPK," kata Lukman di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).


Video respons Menag Lukman soal uang di laci kantornya bisa disaksikan di bawah.

[Gambas:Video 20detik]

Lukman mengembalikan uang itu ke KPK karena merasa uang itu bukanlah haknya. Dia pun menyerahkan persoalan kasus itu sepenuhnya pada KPK.

"Hal-hal lain yang terkait materi perkara saya mohon dengan sangat kepada teman-teman jurnalis sebaiknya menanyakan langsung pada KPK karena mereka yang paling tahu untuk memilah dan memilih mana yang layak untuk konsumsi publik dan mana yang tidak. Karena proses ini masih berlangsung," imbuh Lukman kemudian.

Lalu, apa sebenarnya uang Rp 10 juta yang dilaporkan Lukman ke KPK itu?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed