DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 17:36 WIB

Menpora soal Isu Reshuffle: Tetap Fokus Kerja, Kerja, Kerja

Andhika Prasetia - detikNews
Menpora soal Isu Reshuffle: Tetap Fokus Kerja, Kerja, Kerja Menpora Imam Nahrawi (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menanggapi isu reshuffle kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang mengemuka. Imam mengaku fokus bekerja sebagai menteri.

"Kita tetap fokus kerja, kerja, dan kerja. Kita sekarang menyiapkan agenda-agenda besar buat seluruh kementerian, dan itu harus betul-betul dikawal dengan baik, dilaksanakan dengan baik. Agar masyarakat kita kembali rukun, utuh, bahagia, tentram, asyik, keren, itu yang paling penting sekarang," ujar Imam di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).


Mengenai isu reshuffle ini, pihak Istana sempat memberikan indikasi Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet setelah Lebaran. Imam mengaku enggan memikirkannya.

"Tetap fokus kerja. Kerja, kerja, dan kerja," kata Imam.

"Sebagai menteri itu melaksanakan tugas, yaitu kerja, kerja, dan kerja. Meskipun bulan puasa, Idul Fitri, tetep harus kerja," imbuh politikus asal PKB ini.

Nama Imam merupakan salah satu menteri yang diisukan di-reshuffle menyusul kehadiran dirinya sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor. Mengenai persidangan, Imam menyerahkannya kepada majelis hakim.

"Tanya saja ke majelis. Kan sudah saya jawab semuanya. Semua sudah saya jawab di hadapan majelis yang mulia, ya itulah klarifikasi dan tabayyun saya. Itulah pentingnya kita tabayyun sehingga tidak ada isu tidak ada fitnah, tidak ada hoax, kami sudah klarifikasi semua," ucap Imam.


Adanya isu reshuffle kabinet menjelang akhir periode Jokowi-Jusuf Kalla (JK) muncul setelah sejumlah menteri terseret dalam proses hukum di KPK. Setidaknya ada tiga menteri yang saat ini berkaitan dengan proses hukum yang sedang berlangsung di KPK. Mereka ialah Mendag Enggartiasto Lukita, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Kabar reshuffle kabinet tersebut pun dipastikan Staf Khusus Presiden, Johan Budi SP. Ia menyebut ada kemungkinan Jokowi me-reshuffle kabinet setelah Idul Fitri.

"Kalau sampai Lebaran, saya kira tidak ada. Saya tidak tahu setelah Lebaran, kemungkinan itu bisa saja," ujar Johan Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Namun Johan tidak memastikan apakah reshuffle di Kabinet Kerja akan berjalan pada Juni 2019. Yang jelas, Jokowi selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja menterinya.
(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed