DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 15:54 WIB

Terima Wapres Argentina, Mensos Bicara Sukses RI Gelar Asian Para Games

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Terima Wapres Argentina, Mensos Bicara Sukses RI Gelar Asian Para Games Foto: Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan kerja Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan kerja Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti. Dalam sambutannya, Agus Gumiwang bercerita keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 dan keterlibatan kaum disabilitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pantauan di Gedung Aneka Bhakti, Kantor Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019), Agus Gumiwang dan Gabriela tiba sekitar pukul 15.03 WIB. Gabriela disambut dengan pengalungan bunga oleh perwakilan penyandang disabilitas yang mengenakan pakaian adat Nusantara. Sebelum memasuki ruangan, Agus dan Gabriela sempat berbincang dengan salah seorang penyandang disabilitas.

Acara itu dihadiri sekitar 300 penyandang disabilitas di bawah binaan Kementerian Sosial, Balai Besar Vokasional Bina Daksa (BBRVBD), Cibinong, Jawa Barat. Sebelum dimulai, acara dimeriahkan dengan penampilan lagu dan angklung dari perwakilan disabilitas.


"Selamat Datang kami ucapkan kepada Wakil Presiden Republik Argentina, yang mulia Gabriela Michetti dan semua anggota delegasi Pemerintah Republik Argentina di Kementerian Sosial RI," ujar Agus dalam sambutannya.

Agus Gumiwang mengaku gembira dengan kunjungan Gabriela. Selain itu, kunjungan ini disebut sebagai kesempatan kedua negara untuk bekerja sama dalam berbagai bidang.

"Merupakan kesempatan yang membahagiakan bagi kami dapat menjadi bagian dari agenda kunjungan resmi delegasi Pemerintah Argentina dalam rangka menjalin ikatan kerja sama antar-negara di berbagai bidang," lanjut Agus.


Dia mengatakan pemerintah saat ini sangat serius memperhatikan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Menurutnya kaum disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pemerintah Indonesia menyadari bahwa penyandang disabilitas adalah warga negara yang mempunyai hak sama dengan warga negara lainnya dalam penghidupan dan kehidupan bermasyarakat. Lebih daripada itu, penyandang disabilitas juga mempunyai hak dalam melaksanakan peran dan fungsinya yang berasaskan pada penghormatan terhadap martabat, kesamaan kesempatan, kesetaraan dan inklusif," lanjutnya.

Terima Wapres Argentina, Mensos Bicara Sukses RI Gelar Asian Para Games Foto: Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan kerja Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Pada kesempatan itu, Agus juga bercerita keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018. Menurutnya ajang internasional itu adalah pertemuan akbar atlet disabilitas berprestasi dari seluruh penjuru dunia.

"Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Asian Para Games tahun 2018 yang menjadi sebuah ajang internasional yang mempertemukan atlet disabilitas berprestasi dari seluruh Asia untuk bertanding dan berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga," lanjutnya.

Pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, imbuh Agus, pemerintah telah membangun dialog dengan semua pemangku kepentingan terkait hak pilih disabilitas. Menurutnya pemerintah telah mengupayakan dalam menyediakan akses dan fasilitas untuk pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suara mereka.

"Penyediaan aksesibilitas pada saat pemungutan dan penghitungan suara merupakan suatu upaya untuk menjamin bahwa penyandang disabilitas dapat menggunakan hak suaranya di bilik suara dengan mudah," lanjutnya.


Pada akhir sambutannya, Agus berharap dengan kunjungan resmi dari pemerintahan Argentina dapat tercipta hubungan kerja sama di bidang sosial. Kunjungan itu, menurut Agus, adalah sebuah wahana untuk berbagi pengalaman dalam berbagai hal.

"Akhirnya, saya berharap bahwa dengan kunjungan ini akan memiliki hubungan yang semakin erat dalam rangka mengembangkan berbagai kebijakan kesejahteraan sosial, termasuk di dalamnya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas," sebut dia.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed