DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 15:40 WIB

Fahri Jawab KPU: Usul Investigasi KPPS Meninggal Adalah Takziah Nasional

Tsarina Maharani - detikNews
Fahri Jawab KPU: Usul Investigasi KPPS Meninggal Adalah Takziah Nasional Fahri Hamzah (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - KPU merespons dugaan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah soal penyebab meninggalnya petugas KPPS dengan balik bertanya apakah sudah bertakziah ke keluarga korban. Apa jawaban Fahri?

"Salah satu arti takziah adalah ucapan dan sikap agar keluarga korban yang ditinggalkan terhibur. Jadi, usulan saya agar kematian keluarga mereka diinvestigasi adalah takziah nasional saya kepada seluruh yang ditinggal, termasuk kita sebagai bangsa," kata Fahri kepada wartawan, Rabu (8/5/2019).


Menurut Fahri, takziah bermakna menghibur keluarga korban. Dalam hal ini, lanjut dia, dirinya mengkritik KPU agar petugas KPPS yang wafat tidak berakhir sia-sia.

"Saya kritik KPU agar nyawa yang wafat tidak sia-sia," jelasnya.

Lantas, apakah Fahri berencana mengunjungi keluarga korban secara langsung? Ia tak menjawab gamblang.

"Hubungan kemanusiaan itu harus didasarkan pada ketulusan. Takziah itu budaya kita," ujar Fahri.


Soal usulan investigasi kematian petugas KPPS itu sebelumnya diungkapkan Fahri pada Senin (6/5) setelah mengadakan pertemuan dengan sejumlah dokter. Dalam pertemuan itu, Fahri mengaku menerima laporan investigasi dari para dokter itu.

"Mereka melaporkan beberapa temuan, saya tertarik karena dokter-dokter dari berbagai keahlian yang hadir. Saya kira sebaiknya pemerintah terbuka dengan apa yang terjadi, terutama KPU. Dibuka saja masalahnya apa dan investigasi terhadap korban. Itu harus dilakukan satu per satu, jangan membuat generalisasi lalu ada uang tutup mulut," ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/5).

"Beberapa investigasi yang mereka lakukan itu cukup mengagetkan, karena modus dari meninggalnya juga sebagiannya ada kemungkinan adanya racun. Kira-kira begitu," sambungnya.


KPU lalu menjawab dugaan Fahri itu dengan mempertanyakan apakah dia sudah bertakziah. "Kami sih udah datang ke beberapa keluarga korban, apakah yang bersangkutan udah pernah takziah ke keluarga korban?" ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).



Tonton video Balas Tompi soal KPPS Meninggal, Fahri: Dokter Politik:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed