DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 15:30 WIB

Respons Netizen, Jet Tempur TNI Siap Bangunkan Sahur Warga Yogya-Surabaya

Elza Astari Retaduari - detikNews
Respons Netizen, Jet Tempur TNI Siap Bangunkan Sahur Warga Yogya-Surabaya Foto: Ilustrasi jet tempur F-16. (Dok Istimewa/Puspen TNI).
Jakarta - TNI AU berencana mengoperasikan jet tempur untuk latihan penerbangnya di waktu sahur. Ini sekaligus untuk membantu membangunkan warga sahur di masa Ramadhan ini.

Rencana ini diketahui lewat akun Twitter resmi TNI AU, @_TNIAU yang menyebut tradisi jet tempur membangunkan warga sahur akan diadakan lagi tahun ini.

"Jika tak ada aral melintang di runway, Insyaallah akan diadakan lagi "tradisi" membangunkan #sahur pakai pesawat tempur buat Airmen di Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dsk. 👤 #Ramadan #jauhdilangitdekatdihati," cuit Airmin TNI AU seperti dilihat detikcom, Rabu (8/5/2019). Cuitan Airmin menjawab pertanyaan netizen soal kapan pesawat TNI AU kembali terbang di saat sahur.

Rencana ini masih dimatangkan terlebih dahulu oleh pihak TNI AU. Menurut Kepala Subdinas Penerangan Umum Dispen TNI AU, Kolonel Sus M Yuris, rencana tersebut dipertimbangkan karena adanya antusias warga soal jet tempur mengudara saat sahur.


"Masih didiskusikan dulu di internal. Mungkin kalau nggak minggu ini, ya minggu depan. Baru mau dirapatkan bersama skadron juga. Ini karena permintaan dari follower banyak yang minta, maka saya usulkan lagi," jelas Kolonel Yuris saat dimintai konfirmasi detikcom.

Adapun jet tempur yang direncanakan 'membangunkan' warga sahur adalah F-16 dan T-50. Namun tujuan utama pesawat-pesawat tempur itu terbang, kata Kolonel Yuris, adalah untuk latihan bagi para penerbangnya.

"Tujuan utamanya latihan terbang malam, kemudian itu cuma tujuan sampingnya istilahnya membangunkan sahur. Sudah biasa dilakukan," jelasnya.

Hanya saja, tidak semua masyarakat bisa merasakan keistimewaan ini. Jet tempur yang 'membangunkan' sahur itu hanya di sejumlah wilayah saja.

"Mungkin Surabaya, Solo, Yogyakarta. (Jakarta) nggak cukup waktunya," kata Kolonel Yuris.


Seperti diketahui, jet tempur milik TNI AU sempat membuat warga Yogyakarta dan sekitarnya kaget pada bulan puasa tahun 2017. Pesawat tempur saat itu lalu-lalang di langit bertepatan dengan waktu sahur.

"Latihan terbang dini hari. Kita kan harus siap menerbangkan pesawat pada keadaan pagi, siang, malam, dan dini hari. Kalau tidak dilatihkan bagaimana mau profesional? Mulai terbang sejak kemarin. Jumlah penerbangan 25 sampai 30 sorties penerbangan," ungkap Kadispen TNI AU saat itu, Marsma Jemi Trisonjaya, Kamis (8/6/2017).

Jenis jet tempur yang digunakan saat latihan adalah F-16 dan T-50. Latihan tersebut memang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh TNI AU.



Tonton juga video Jet Tempur F-35 Jepang Jatuh di Samudra Pasifik:

[Gambas:Video 20detik]


(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed