DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 10:21 WIB

Cegah Kebakaran Hutan di Jambi, BRG Bangun Sumur Bor Air di Lahan Gambut

Ferdi Almunanda - detikNews
Cegah Kebakaran Hutan di Jambi, BRG Bangun Sumur Bor Air di Lahan Gambut Foto: Ilustrasi Kebakaran hutan di Riau (Chaidir-detikcom)
Jakarta - Badan Restorasi Gambut (BRG) membangun sebanyak 108 sekat kanal dan 47 unit sumur bor di 2 desa, Kabupaten Muaro Jambi. Pembangunan ini untuk antisipasi kebakaran hutan di wilayah tersebut.

BRG juga telah melaksanakan kegiatan revegetasi atau penanaman kembali lahan seluas 25 hektar lahan gambut yang rusak serta di tahun 2019 ini. Nantinya BRG juga bakal membangun kembali 53 sekat kanal dan sejumlah unit sumur bor dengan tujuan mengembalikan fungsi gambut seperti semula.

"Sekat kanal ini bertujuan untuk membantu menjaga kondisi intensitas air. Karena tanpa sekat, dalam sepekan tidak hujan, aliran bisa kering. Sekat juga dapat menjaga kebersihan air secara alami,'' kata Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Gambut Tahura, Andi Purwanto, dari keterangan pers BRG yang diterima detikcom, Rabu (8/5/2019).



Adapun jenis dari sekat kanal yang dibangun di daerah tersebut merupakan sekat kanal dengan pelimpas/spillway. Ini dipilih karena ruas kanal yang ada di Desa Seponjen merupakan parit yang masih dimanfaatkan masyarakat sebagai jalur transportasi untuk mencari ikan atau mengangkut hasil kebun.

Tidak hanya itu, sebanyak 13 paket bantuan juga diberikan oleh BRG dengan tujuan revitalisasi ekonomi untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan melibatkan 36 kelompok masyarakat atau kurang lebih 540 masyarakat.

Bantuan itu diberikan di dua desa yaitu di Desa Seponjen serta Desa Sungai Bungur Kabupaten Muaro Jambi. Dua desa itu merupakan sebagian besar wilayah yang memiliki lahan gambut dengan berbatasan dengan Taman Nasional Berbang-Sembilang, Jambi.



Kedua desa itu juga merupakan desa target restorasi BRG pada tahun 2018 karena termasuk di dalam desa penyangga Tahura Orang Kayo Hitam yang seluas 18.271 hektar. Kedua desa itu juga sudah didampingi melalui program desa peduli gambut pada tahun 2017 lalu.

Menurut BRG dua desa itu juga menjadi garda terdepan dalam proteksi lahan gambut serta pencegahan terjadinya kebakaran lahan disekitaran Tahura Orang Kayo Hitam, di Kabupaten Muaro Jambi.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed