Kurangi Macet Mudik Lebaran, Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 08 Mei 2019 05:34 WIB
Macet di Gerbang Tol Cikarang Utama pada malam hari (Foto: Jasa Marga)
Jakarta - Kementerian Perhubungan mengatakan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) akan dibongkar saat mudik Lebaran 2019. Progres pembongkaran itu disebut sudah mencapai 60 persen

"Kalau Cikarut sudah dibongkar, ini pintu cikarang utama sudah dibongkar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Budi Setiyadi kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

"Sudah lama beberapa bulan yang lalu (mulai dibongkar) mungkin sekarang sudah 60 persen," sambungnya.



Budi mengatakan saat mudik lebaran 2019 nanti tidak ada lagi Gerbang Tol Cikarang Utama. Hal itu dilakukan untuk mengurangi potensi kemacetan yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Menurutnya, gerbang tol yang semula di Cikarang Utama dipindah ke arah Bandung dan Cirebon.

"Nanti akan dipindah ke arah Bandung dan Cirebon, mudik kali ini nggak ada pintu tol (di Cikarang Utama) lagi mungkin yang biasa di situ macet nanti akan dibagi ke Bandung dan Cirebon," ucap Budi.



Budi memprediksi pada H-7 Lebaran proses pembongkaran gerbang tol tersebut selesai. Sehingga tidak lagi antrean kendaraan di Cikarang Utama saat arus mudik Lebaran.

"Mungkin sebelum Lebaran akan sudah jadi. Untuk itu saya yakin Bu Desi (Dirut Jasa Marga Desi Arryani ) yang mungkin H-7 jalan semuanya," sebutnya



Tonton video Menhub Yakin Mudik Lebih Lancar, Karena Banyak Infrastruktur Baru:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/mae)