DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 17:18 WIB

Apa Tujuan Pemobil Pasang Stiker 'Ampun Pak Polisi Uang Kami Habis'?

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Apa Tujuan Pemobil Pasang Stiker Ampun Pak Polisi Uang Kami Habis? Foto: Istimewa
Jakarta - Polisi menyetop mobil Kijang Innova yang ditempeli stiker tulisan 'Ampun Pak Polisi Uang Kami Habis'. Apa motif dan tujuan pemilik mobil memasang stiker itu?

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasir mengatakan pihaknya tidak menggali lebih lanjut soal motif pemasangan stiker tersebut. Sebab, pihaknya lebih berfokus pada penanganan masalah lalu lintas.

"Penegakan hukum pasal tersebut karena pelanggaran lantas, untuk stiker ke ranah hukum pidana umum ahlinya," jelas Kompol M Nasir dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

Soal tulisan di stiker ini, polantas yang menyetop mobil itu pun sempat bertanya kepada si pengemudi. Dalam video yang viral di media sosial, terdengar polisi menanyakan 'apa tujuan dipasang stiker' itu tetapi tidak dijawab oleh si pengemudi.


Mobil bernopol BA-1664-AV tersebut disetop di ruas Jalan Tol Dalam Kota arah Ancol, tepatnya di dekat outramp Sunter, Jakarta Utara, Senin (6/5) kemarin. Polisi kemudian menginterogasi singkat si pengemudi soal stiker itu, tetapi tidak terjawab.

Polisi itu lalu memeriksa kelengkapan surat-surat berkendara. Diketahui, masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) si pengemudi tersebut ternyata sudah habis.

"SIM-nya telah habis masa berlaku sejak tahun 2014," kata Nasir.

Polisi itu kemudian menilang si sopir atas pelanggaran tersebut. Karena SIM-nya mati itu, si pengemudi dikenai Pasal 288 ayat (2) UU No 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLA) dengan ancaman kurungan 1 bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed