detikNews
Selasa 07 Mei 2019, 16:42 WIB

Pemprov Sulsel Libatkan Pakar Teliti Penyakit Misterius di Jeneponto

Reinhard - detikNews
Pemprov Sulsel Libatkan Pakar Teliti Penyakit Misterius di Jeneponto Foto: ilustrasi/thinkstock
Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melibatkan pakar untuk meneliti penyakit misterius yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan puluhan lainnya sakit di Desa Garonggong, Kabupaten Jeneponto.

"Terkait penyakit misterius itu, Kadiskes (Kepala Dinas Kesehatan) saat ini sedang mengumpulkan para pakar dan ahli untuk memastikan jenis penyakit dan penanganannya," kata Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/5/2019).

Penyakit misterius ini menyerang hingga hampir 70 orang di Jeneponto mulai dari sekitar pertengahan bulan Maret lalu. Penderitanya mengalami gejala, demam, sakit kepala, sakit perut dan nyeri persendian.

Para warga yang menderita sakit itu kini telah mendapatkan perawatan medis di beberapa RS di Kabupaten Takalar, Sulsel. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak medis di RS Takalar, penyakit ini diidentifikasi mirip dengan gejala tipus (Thypoid).

"Perkembangan di sana Alhamdulillah sudah banyak yang sembuh dan kembali (rumah), dari 70-an pasien. Gejalanya mirip thypoid dan penanganan saat ini dilakukan seperti itu, Alhamdulillah sudah banyak sembuh," jelas Andi Sudirman.


Atas munculnya kabar penyakit misterius di Jeneponto ini, Andi meminta masyarakat untuk tidak panik. Dia pun memastikan tim dari Pemprov Sulsel tengah menangani penyakit misterius ini.

"Kepada seluruh warga untuk tidak panik dan tetap tenang. Jika mendapat gejala yang berkenaan untuk segera mendatangi RS terdekat, tim kita juga sudah banyak turun ke lapangan untuk sosialisasi," imbuhnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed