DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 13:55 WIB

Kisah Cinta Sepasang Mualaf Sampai ke Pelaminan

Sitti Harlina - detikNews
Kisah Cinta Sepasang Mualaf Sampai ke Pelaminan Yanuar dan Komang (dok Istimewa)
Kendari - Mereka mendapat hidayah di tempat dan waktu yang berbeda. Cinta lalu menyatukan keduanya dalam ikatan pernikahan.

Inilah kisah pasangan Yanuar Rustanto (44) dan Komang Suratmini (33), sepasang mualaf yang menempuh cerita terpisah dalam mendapatkan hidayah agama Islam. Yanuar adalah pria asal Surabaya yang dulunya beragama Kristen. Komang berasal dari Bali dan sebelumnya memeluk agama Hindu.

Mereka berdua bertemu di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Komang bercerita kepada detikcom kalau Yanuar sudah masuk Islam sejak 2014. Sedangkan Komang mengatakan mendapatkan hidayah ketika mengambil Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada Universitas Muhammadiyah Kendari selama 1,5 tahun dan belajar memakai jilbab.

"Saya kan kuliah ambil jurusan PLS, kebetulan kalau masuk kuliah harus pakai jilbab," ujarnya.

Kepala KUA Wua-wua, Musdar yang menikahkan pasangan ini menuturkan jika sebelum menikahkan pasangan Yanuar dan Komang, ia terlebih dahulu mengislamkan Komang.

"Sebelum menikah, mempelai wanita saya islamkan dulu, kalau yang pria meskipun di KTP-nya masih Kristen tetapi ia sudah terlebih dahulu memeluk Islam," tuturnya kepada detikcom sebelum bulan puasa.

Kisah Cinta Sepasang Mualaf Sampai ke PelaminanFoto: (dok Istimewa)

Pernikahan yang digelar 16 April 2019 itu berjalan dengan lancar. Kata Musdar jika keluarga kedua belah pihak juga ikut menyaksikan pernikahan tersebut. Meskipun sederhana, pernikahan dengan mahar seperangkat alat salat itu berjalan sangat sakral. Musdar juga mengaku jika keduanya sungguh-sungguh untuk mempelajari Islam.

"Banyak keluarganya yang datang, kami juga senang," ujarnya.

Komang mengaku jika saat ini ia sangat bahagia dengan kehidupannya yang baru. "Sebenarnya alasannya bukan hanya karena mau nikah, tapi mungkin karena saya sudah mendapatkan hidayah," katanya.

Komang bertutur jika suaminya sudah lebih dulu memeluk Islam. "Sebenarnya yang diislamkan sebelum nikah hanya saya, kalau suami saya sudah Islam sejak 2014 lalu," tuturnya.


Tonton juga video bagaimana kekuatan doa membawa berkah bagi Ibu penderita sakit syaraf kejepit berikut ini:




Diakuinya, pasca resmi memeluk Islam, saat ini ketika bepergian ia juga telah menggunakan jilbab. Tidak hanya itu, menyambut bulan Ramadhan pertama ini, Komang pun mengaku sudah siap untuk berpuasa. Ia juga mengaku akan bersama-sama sang suami untuk mempelajari Islam lebih dalam lagi.
(fay/isf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed