Total Ada 2 Petani yang Tewas Tertimbun Jembatan Ambrol di Tabanan Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 07 Mei 2019 13:30 WIB
Petani Tewas Tertimbun di Bali (Foto: Istimewa)
Denpasar - Satu petani yang tertimbun jembatan tua ambrol di Baturiti, Tabanan, Bali ditemukan tewas. Jenazah I Wayan Budi sudah dievakuasi. Total ada dua petani yang tewas tertimbun jembatan tua itu.

"Pukul 13.00 Wita korban sudah bisa dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia," kata Kapolsek Baturiti Kompol I Nengah Sudiarta ketika dimintai konfirmasi, Selasa (7/5/2019).



Sudiarta mengatakan peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 07.00 Wita. Warga mulanya bergotong royong hendak memperbaiki jembatan Dayang yang menghubungkan banjar Puseh dengan banjar Bunyuh Desa Pererean.

"Mulanya warga Subak Palian banjar Puseh melakukan kerja bakti pengurugan dengan material tanah dengan maksud untuk mendatarkan jembatan dengan jalan. Saat warga Subak sedang bekerja sekira pukul 07.30 Wita tiba-tiba badan jembatan jebol dan menggerus korban," jelasnya.

Sudiarta menyebut jembatan yang ambrol itu dibangun pada 1980 lalu. Jembatan yang ambrol memiliki panjang 6,3 meter dan ambrol sekitar 3 meter.

Dia menduga ambrolnya jembatan ini karena struktur bangunan berusia tua. Selain itu, ternyata besi maupun beton yang digunakan tipis.

"Besi yang dipakai membuat jembatan sangat kecil sekira ukuran 10 tes dan minim dengan jarak sekira 10 cm. Beton jembatan sangat tipis dengan ketebalan sekira 5 cm, lalu beban tanah urug terlalu berat dengan ketebalan sekira 50 cm," jelasnya.

(ams/knv)