DetikNews
Senin 06 Mei 2019, 19:28 WIB

Cek Makanan Mengandung Zat Berbahaya, BPOM Kendari Sidak Jajanan Takjil

Sitti Harlina - detikNews
Cek Makanan Mengandung Zat Berbahaya, BPOM Kendari Sidak Jajanan Takjil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari melakukan sidak terhadap jajanan takjil yang dijual pedagang. (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan sidak terhadap jajanan takjil yang dijual pedagang di beberapa titik di Kendari. Hasilnya, tim BPOM menemukan sejumlah makanan dan minuman yang mengandung pewarna.

"Salah satu sampel yang kita ambil es cendol dan es buah, juga beberapa jenis kue yang menggunakan pewarna," ujar Kepala Bidang Pengawasan BPOM Kendari Zeyin di Kendari, Senin (6/5/2019).

Diungkapkan Zeyin, pihaknya pada bulan Ramadhan gencar melakukan sidak di beberapa titik di Kota Kendari untuk memeriksa jajanan takjil yang dijual oleh para pedagang. BPOM Kendari berharap jajanan yang menjadi konsumsi masyarakat saat berbuka puasa bebas dari zat berbahaya.

Cek Makanan Mengandung Zat Berbahaya, BPOM Kendari Sidak Jajanan TakjilBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari melakukan sidak terhadap jajanan takjil yang dijual pedagang. (Sitti Harlina/detikcom)
Saat melakukan sidak, tim BPOM Kendari mengambil sampel dari sejumlah jajanan takjil. Sampel yang diambil tersebut langsung diuji pada laboratorium berjalan milik BPOM Kendari.


Meski menemukan makanan dan minuman yang mengandung pewarna, tim BPOM Kendari belum menemukan makanan dan minuman yang mengandung pengawet atau zat berbahaya.

"Masih aman, namun sidak ini masih akan kita lakukan selama sepuluh hari ke depan," tuturnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed