Dinkes Sulsel Identifikasi Penyakit Misterius di Jeneponto Mirip Tifus

Reinhard - detikNews
Senin, 06 Mei 2019 17:15 WIB
Ilustrasi Sakit (Foto: Thinkstock)
Makassar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan telah menurunkan tim untuk mengidentifikasi 'penyakit misterius' yang menyebabkan tiga warga Desa Desa Garonggong, Jeneponto, meninggal dunia. Dari hasil pemeriksaan, penyakit misterius ini didiagnosis mirip tifus.

"Tim Gerak Cepat sudah konfirmasi, bertemu Kepala Desa Jeneponto. Karena pasien ini dekat dengan RS di Takalar daripada RS di Jeneponto, dirujuk ke Takalar. Dirujuk di Takalar ada yang meninggal 3 orang, di RS didiagnosa ini ada gejala typhoid atau tifus," ujar Plt Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso, saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (6/5/2019).


Setelah penyakit mirip tifus itu menjangkiti puluhan warga desa, tim dokter di RS Takalar memberikan penanganan medis. Hasilnya, beberapa pasien dinyatakan sembuh.

"Ada beberapa orang ditangani seperti tifus yang sembuh. Yang sembuh itu pulang. Memang massal banyak, sekitar 60 orang... isunya mereka mau pindah karena penyakit aneh," sebut Bachtiar.


Namun penyakit mirip tifus ini masih dugaan awal dari tim RS Takalar dan Dinkes Sulsel. Pasalnya, setelah diperiksa, penyakit tersebut negatif tifus.

"Ya mudah-mudahan itu (tifus) karena yang meninggal tiga itu didiagnosa tifus. Karena yang lain kita periksa yang lain negatif semua, termasuk tifus diperiksa negatif. Setelah digunakan laboratorium Kemenkes widalnya positif, kalau widal positif kemungkinan tifus," jelas Bachtiar. (zak/zak)