detikNews
Senin 06 Mei 2019, 02:33 WIB

Round-Up

Heboh Aksi Prison Break 30 Tahanan di Palembang

Tim detikcom - detikNews
Heboh Aksi Prison Break 30 Tahanan di Palembang Foto: Lokasi rutan Polresta Palembang yang dirusak (Chaidir Anwar/detikcom)
Palembang - Sebanyak 30 tahanan Polresta Palembang, Sumatera Selatan kabur dari ruang tahanan. Mereka kabur dengan cara menjebol ventilasi kamar mandi.

Perkara kaburnya para tahanan tersebut dibenarkan oleh Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain Adinegara. Dia mengatakan para tahanan itu menjebol ventilasi kamar mandi untuk tahanan dan kabur sekitar pukul 02.00 WIB, Minggu (5/5).

"Benar ada tahanan Polresta Palembang yang kabur sekitar itu, 30-an orang," kata Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain Adinegara ketika dimintai konfirmasi, Minggu (5/5/2019).


Zulkarnain menceritakan, setelah menjebol ventilasi kamar mandi puluhan tahanan tersebut keluar melalui gerbang utama Polresta. Tim kini tengah memburu tahanan yang kabur tersebut.

"Masih diburu. Kami juga masih dalami apakah ada keterlibatan anggota jaga," tegas Kapolda.

Selain memburu para tahanan tersebut, Zulkarnain juga memerintahkan untuk memeriksa petugas jaga di Mapolsek tersebut. "Petugas piket juga sedang kami periksa. Doakan supaya cepat tertangkap semua tahanannya," tutup Zulkarnain.


Zulkaranin mengatakan seluruh tahanan yang kabur itu terjerat kasus narkoba. Dia mengatakan ada dua tim yang dibentuk untuk memburu para tahanan yang kabur.

"Iya benar (tahanan narkoba). Sekarang masih dikejar. Saya sudah minta bentuk dua tim, satu memburu dan yang kedua untuk memeriksa saksi dan keterlibatan petugas piket," ujar Zulkarnain.

Zulkarnain menjelaskan, puluhan tahanan yang kabur menghuni tiga ruang tahanan. Dia menyebut seluruh jajarannya turun tangan memburu puluhan tahanan tersebut.


"Tahanan kabur lewat pintu sel setelah menjebol ventilasi kamar mandi. Jadi ada 3 ruangan yang tahanannya kabur. Saya sudah minta propam, semua ikut turun tangan mencari tahanan kabur itu," kata Zulkarnain.

Hasil pengecekan, pintu salah satu ruang tahanan tidak rusak. Namun, dua pintu ruang tahanan lainnya rusak dijebol.

"Sel itu kan berlapis, tapi saya lihat tadi ada yang tidak rusak pintunya. Artinya tidak dikunci, karena pintu lainnya udah rusak dijebol juga," tutup Zulkarnain.

Jelang sore, sebanyak lima tahanan narkoba yang kabur dari sel Polresta Palembang telah ditangkap. Mereka ditangkap di lokasi berbeda-beda.


"Saat ini anggota kami sudah disebar di beberapa titik dan ada lima yang sudah ditangkap," kata Kapolresta Palembang Kombes Didi Hayamasyah.

Didi mengatakan polisi terus mengejar tahanan kabur lainnya. Total ada 30 tahanan yang kabur dini hari tadi.

"Untuk lima pelaku ini ada ditangkap di Mariana, Banyuasin. Sekarang kita pun masih mengejar sisanya, kita harapkan yang lain segera menyerah," ucapnya.

Ia mengimbau para tahanan kabur agar segera menyerahkan diri. Selain itu, Didi mengimbau keluarga atau rekan tahanan supaya memberikan informasi kepada polisi jika mengetahui keberadaan mereka.

"Saya mengimbau kepada tahanan dan keluarga untuk menginformasikan serta menyerahkan tahanan yang kabur. Jika tidak, ya, sesuai aturan akan kami ambil tindakan tegas," tegas Didi.

Berikut identitas 30 tahanan yang kabur dari sel Polresta Palembang:


Sel Tahanan I

Jumlah tahanan: 12 Orang
Sisa tahanan: 6 Orang
Melarikan diri: 6 Orang
1. Hafis Karsim
2. Bimo Saputra
3. Syahril
4. M Trisno
5. Wahyu Darmawan
6. Sumardi

Sel Tahanan II

Jumlah tahanan: 12 Orang
Sisa tahanan: -
Melarikan diri: 12 Orang
1. M Jaim Padli
2. Agus Subraya
3. Hendri Rampo
4. M Komri
5. Fahmi
6. Khomaini
7. Alvin Febriansyah
8. Yunas Ramadhan
9. M Iki Gunawan
10. Ardian K W
11. Zahri
12. Kgs Ridwan

Sel Tahanan III

Jumlah tahanan: 16 Orang
Sisa tahanan: 4 Orang
Melarikan diri: 12 Orang
1. Yadi Firdaus
2. Rajab Semendawal
3. Samsul Bahri
4. Solti Almito
5. Muryadi
6. Ahmad Kasturi
7. M Hasyim Azhari
8. Rizal Ishak
9. Fariansyah
10. Boy Budiono
11. Maulana
12. M Arif Hidaytullah
(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed