DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 18:17 WIB

Usai Pemaparan Posisi Hilal, Kemenag Gelar Sidang Isbat Ramadhan 1440 H

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Usai Pemaparan Posisi Hilal, Kemenag Gelar Sidang Isbat Ramadhan 1440 H Foto: Kemenag akan menggelar Sidang Isbat menentukan 1 Ramadhan 1440 H (Lisye Sri Rahayu.detikcom)
Jakarta - Pemerintah dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menggelar Sidang Isbat untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah. Rangkaian sidang dimulai dengan pemaparan posisi hilal oleh tim hisab dan rukyat.

Pantauan detikcom di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019) pemaparan dilakukan oleh anggota Tim Hisab dan Rukyat, Cecep Nurwendaya dan langsung disaksikan Lukman Hakim.

Cecep mengatakan pemantauan hilal dilakukan di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan pemerintah ialah rukyat.


"Rukyatul Hilal dilakukan di 102 titik Rukyatul Hilal dari 34 provinsi di wilayah Indonesia," ujar Cecep saat memaparkan posisi hilal.

Pemaparan berlangsung kurang lebih selama 45 menit. Setelahnya Sidang Isbat akan dimulai sekitar pukul 18.15 WIB diawali salat magrib berjemaah di Masjid Kementerian Agama.


Sidang ini digelar di lantai 3 kantor Kemenag secara tertutup. Nantinya, Menag Lukman akan menggelar jumpa pers untuk memberi pengumuman resmi dari pemerintah soal tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah.

Sidang dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan beberapa Duta Besar negara sahabat.


Simak Juga "Metode Penentuan Awal Ramadan":

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed