Sejumlah Pejabat Riau Lakukan Tradisi Mandi dan Ziarah di Makam Sultan Siak

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 05 Mei 2019 17:40 WIB
Foto: Sejumlah pejabat di Riau menggelar tradisi ziarah ke Makam Sultan Siak dan tradisi Potang Megang (mandi jelang puasa) di Pekanbaru (Chaidir-detikcom).
Pekanbaru - Sejumlah pejabat di Riau menggelar tradisi ziarah ke Makam Sultan Siak dan tradisi Potang Megang (mandi jelang puasa) di Pekanbaru. Warga pun ramai menyaksikan tradisi tersebut.

Pelaksanaan ziarah kubur ke Makam Sultan Siak ke V di Pekanbaru dilaksanakan, Minggu (5/5/2019), usai salat juhur. Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution bersama Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memimpin acara ziarah ke makam Sultan Siak pendiri Kota Pekanbaru.

Makam Sultan Siak bersama keluarga dan panglimanya ini tepatnya berada di samping Masjid Raya di Kecamatan Senepelan kawasan Pasar Bawah, Pekanbaru. Makam Sultan Siak ini berada di posisi perbukitan yang berada di tepi sungai Siak berjarak sekitar 400 meter.


Di komplek makam Sultan Siak ini berada dalam bangunan khusus. Di dalam itu, para pejabat Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru berziarah sembari mengirimkan doa buat keluarga Sultan.

"Ziarah ini merupakan bentuk rasa menghormati para leluhur kita. Apa lagi makam ini adalah pendiri kota Pekanbaru," kata Edy.

Sejumlah Pejabat Riau Lakukan Tradisi Mandi dan Ziarah di Makam Sultan SiakFoto: Sejumlah pejabat di Riau menggelar tradisi ziarah ke Makam Sultan Siak dan tradisi Potang Megang (mandi jelang puasa) di Pekanbaru (Chaidir-detikcom).
Usai pelaksanaan ziarah, selepas salat Ashar dilanjutkan tradisi Potang Mogang di dekat jembatan Siak III. Tradisi ini secara simbolis beberapa anak sekolah dimandikan dengan air kembang yang diawali dengan tepung tawar.

Memandikan dengan air kembang ini, dilakukan Wagub Riau, Wakil Wali Kota dan Kadis Pariwisata Riau, Fahmizal, Kadis Wisata Pekanbaru, Nurfaisal.


Menurut Wagub Riau, Edy Natar tradisi Potang Mogang ini merupakan tradisi turun menurun warga Pekanbaru dalam menyambut Ramadhan.

"Mandi balimau atau Potang Mogang adalah tradisi Melayu yang sudah turun-temurun. Tradisi ini masih terus melekat di tengah masyarakat," kata Edy.

Sejumlah Pejabat Riau Lakukan Tradisi Mandi dan Ziarah di Makam Sultan SiakFoto: Sejumlah pejabat di Riau menggelar tradisi ziarah ke Makam Sultan Siak dan tradisi Potang Megang (mandi jelang puasa) di Pekanbaru (Chaidir-detikcom).
Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru, Nurfaisal mengatakan, tradisi ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya Melayu agar tidak hilang dan bisa diteruskan ke anak cucu.

"Semoga kegiatan kita ini bisa menjadi even wisata lokal, regional dan internasional. Tradisi ini harus kita lestarikan," tutup Nurfaisal. (cha/nvl)