DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 17:17 WIB

Jelang Sidang Isbat, Menag Dengarkan Pemaparan Posisi Hilal

Lisye Rahayu - detikNews
Jelang Sidang Isbat, Menag Dengarkan Pemaparan Posisi Hilal Foto: Lisye Rahayu/detikcom
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1440 H. Sebelum sidang dimulai, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan menerima pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi terlebih dahulu.

Pantauan detikcom, Lukman tiba di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, pukul 16.44 WIB, Minggu (5/5/2019). Begitu tiba, Lukman menyalami sejumlah tamu lalu menuju ke ruang VIP.

Selama kurang-lebih 15 menit, Lukman menuju ruangan pemaparan di Auditorium KH M Rasjidi, Gedung Kemenag untuk mendengarkan pemaparan posisi hilal.


Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kememang Tarmizi Tohor mengatakan, sebelum sidang isbat dimulai, akan ada laporan posisi hilal dari pemantau di 34 provinsi.

"Pemaparan dulu nanti, laporan dari temen-temen daerah 34 kanwil serentak, pemantauan di antara wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, semua provinsi mengadakan pemantauan," ujar Tarmizi sebelum pemaparan dimulai.

Dikatakan Tarmizi, pemaparan akan dilakukan oleh tim Hisab Rukyat Kemenag, sedangkan sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama. Sidang akan berlangsung tertutup, namun seusai sidang akan digelar konferensi pers.


"Rencana bakal dibuka langsung oleh Pak Menteri. Nanti habis kita sidang rapat langsung diumumkan Pak Menteri kapan mulai Ramadhan ini," lanjutnya.

Sejumlah perwakilan turut hadir, antara lain dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar. Hadir pula duta besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.


Simak Juga "Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan":

[Gambas:Video 20detik]


(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed