DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 16:17 WIB

Jelang Ramadhan, Ani dari Sumbar Ziarah ke Makam Anaknya di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Jelang Ramadhan, Ani dari Sumbar Ziarah ke Makam Anaknya di Jambi Ani ziarah ke makam anaknya di TPU Kebun Jahe, Jambi. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi - Sejak pagi hingga siang ini, TPU Kebun Jahe, Kota Jambi, dikunjungi oleh banyak warga untuk berziarah kubur. Ziarah kubur ini dilakukan warga untuk menyambut bulan Ramadhan 2019 atau 1440 H.

Pantauan detikcom di TPU Kebun jahe di Jalan MH Thamrin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu (5/5/2019), para peziarah tak hanya memanjatkan doa. Mereka juga terlihat membersihkan makam.


Warga mulai berdatangan ke TPU Kebun Jahe.Warga mulai berdatangan ke TPU Kebun Jahe. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)


Warga yang ziarah ke TPU Kebun Jahe tak semua berasal dari Kota Jambi. Ada juga yang dari luar Jambi, salah satunya Ani, warga Sumatera Barat, yang berziarah ke makam anaknya.

"Datang untuk memberikan doa, baca yasin, taburkan bunga dan bersihkan makam anak saya yang sudah mulai ditumbuhi rumput," kata Ani saat berbincang di lokasi.

Menurutnya, ziarah kubur yang dilakukannya itu dalam menyambut bulan Ramadhan. Ia mengaku jarang berziarah ke makam anaknya karena jarak yang jauh serta kesibukan sehari-hari.

"Ya kadang ada satu bulan sekali ke pemakaman ini lihat kuburan anak. Sekarang karena dekat puasa makanya didatangi lagi untuk berziarah, atau nanti datang lagi ketika dekat mau lebaran," ujarnya.


Ani terlihat membersihkan makam anaknya.Ani terlihat membersihkan makam anaknya. (screenshot video)


TPU Kebun Jahe memang mulai ramai didatangi warga dalam sepekan terakhir. Kegiatan ziarah kubur ini diperkirakan berlangsung hingga sore hari.

Ziarah kubur ini juga mendatangkan rezeki bagi sebagian warga yang menjual kembang. Mereka mengaku dalam sehari, kembang mereka jual dapat terjual banyak.

"Ya hari ini cukup ramai pembeli kembangnya. Jualan kembang ini sejak hari Rabu lalu, sepekan jelang Ramadhan,'' terang Marlina.




Marlina menjual kembang dengan harga Rp 5 ribu/plastik. Dia bersyukur kembangnya bisa terjual banyak.

"Kembang ini saya jual Rp 5 ribu satu plastik kecil. Sehari menjual pendapatan alhamdulillah ada. Nanti sore bakal lebih ramai lagi para peziarah berdatangan untuk berziarah jelang Ramadhan ini karena besok sudah puasa soalnya kan. Jadi jualan kembangnya pas mau seminggu lebaran lagi biasanya tradisi ziarah itu akan ada lagi,'' papar Marlina.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed