DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 12:34 WIB

Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Mochamad Zhacky - detikNews
Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini Gedung Kemenag (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 2019 atau 1440 H sore nanti. Sidang isbat akan digelar di kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

Berdasarkan agenda yang diterima detikcom dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1440 H digelar di auditorium HM Rasjidi, kantor Kemenag, Jalan MH Thamrim, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019) pukul 16.00 WIB.


Dalam sidang isbat akan dilakukan presentasi mengenai posisi hilal dari titik pemantauan. Ada sejumlah titik untuk memantau titik hilal salah satunya di tugu nol kilometer Indonesia di Kota Sabang, Aceh.

Kemenag Aceh, misalnya. Mereka telah menentukan lokasi pemantauan utama yakni di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar.

"Hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam sidang isbat penentuan awal Ramadan 1440 H," kata Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (24/4).


Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada 6 Mei 2019. Ketetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Namun ada juga yang sudah mulai berpuasa, yakni jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat. Mereka mulai berpuasa pada Sabtu (4/5) kemarin.


Simak Juga "Metode Penentuan Awal Ramadhan":

[Gambas:Video 20detik]


(zak/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed