Rangkul Semua Kubu Pasca Pilpres, Para Habib Syukuran Nasi Kebuli

Mega Putra Ratya - detikNews
Sabtu, 04 Mei 2019 23:31 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Para pendukung Jokowi - Amin yang tergabung dalam Relawan Habib Relasi Jokowi (Harjo) menggelar tasyakuran sekaligus makan kebuli bareng. Tasyakuran ini juga digelar bersama para pendukung Prabowo - Sandi dan para pengendara ojek online.

"Kami rangkul semuanya. Kami tidak pilih-pilih. Mau dari pendukung siapapun tak ada masalah. Bahkan dari profesi apapun," kata Habib Salim Jindan, salah seorang penyelenggara acara tersebut dalam keterangannya, Sabtu (4/5/2019).


Latar belakang para peserta memang beragam. Bahkan, beberapa driver online juga ikut bergabung lengkap dengan jaket mereka. Mereka ikut menikmati sajian spesial nasi kebuli yang disediakan shohibul bait.

"Sengaja kita sajikan kebuli kepada para peserta. Ini bagian dari budaya para habib dalam menjamu tamu atau undangan sebagai wujud rasa syukur," kata Habib Salim.

Habib Salim menambahkan, nasi kebuli adalah suguhan dalam setiap acara keagamaan atau hari raya Islam. Mulai dari Idul Fitri, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra' Mi'raj, dan berbagai kesempatan lainnya seperti pernikahan.

Nasi kebuli, lengkap dengan lauk kambing, biasanya disajikan dalam nampan besar yang disantap secara bersamaan untuk 5-10 orang sekaligus. Para hadirin pun menyantapnya bersama-sama.

"Saat makan bersama itulah kita belajar tentang pentingnya ukhuwah dan saling berbagi," kata Habib Salim.

Habib Salim berharap syukuran tersebut membuat kedua kubu tak lagi terpecah belah karena pilpres. Sudah saatnya memfokuskan diri untuk menghadapi Ramadhan.

"Yang berkepentingan dengan pilpres aman adalah kita semua. Kita bisa bekerja, mencari nafkah, dan sekarang kita akan memasuki bulan mulia Ramadhan. Jangan sampai debat-debat tak penting tentang politik merusak makna ibadah kita," kata Habib Salim.


Acara yang digelar atas nama Majlis NKRI tersebut menggabungkan sejumlah kegiatan dalam satu paket syukuran kebuli, di Jl Kodam Raya, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5). Rangkaian acara dimulai silaturahmi menyambut Ramadhan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, doa untuk negeri, dan hiburan.

Ratusan peserta menghadiri acara tersebut. Tak peduli pilihan politik mereka pada pilpres 17 April lalu. (ega/mpr)