DetikNews
Sabtu 04 Mei 2019, 20:00 WIB

Bekraf Dorong Pelaku Kreatif Komersialisasikan Kekayaan Intelektual

Robi Setiawan - detikNews
Bekraf Dorong Pelaku Kreatif Komersialisasikan Kekayaan Intelektual Foto: Rumah123.com
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Direkorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri Deputi Pemasaran menggelar Demo Day KATAPEL batch 2. Hal ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi para pelaku kreatif di subsektor desain komunikasi visual, fotografi, film dan animasi, TV, dan radio untuk komersialisasikan kekayaan intelektual (IP).

"Dari hasil survei khusus untuk ekraf, sebagian besar para pelaku kreatif sebanyak 88,9% masih membutuhkan pembimbingan agar mendaftarkan karya cipta mereka, sehingga memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Padahal potensi pengembangan pasar dan pendapatan bisnis bagi pemegang lisensi kekayaan intelektual ini sangatlah besar," ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/5/2019).

"Kami berharap program ini dapat mendorong peningkatan ekspor dan produk domestik bruto ekonomi kreatif melalui penjualan lisensi karya, baik di dalam maupun di luar negeri, di mana sumber daya yang dikomersialisasikan tidak mempunyai kuotasi (unlimited resource)," sambungnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif KATAPEL Grace Kusnadi pun turut mengapresiasi tingginya antusiasme publik untuk menjadi bagian dari KATAPEL batch 2.


"Kali ini adalah gelombang kedua dari program KATAPEL. Terdapat 300 calon peserta yang disaring menjadi 100 IP, untuk mengikuti shortcourse KATAPEL selama 4 hari. Kami yakin ini merupakan sinyal positif bagi pertumbuhan industri kreatif di Indonesia," ujar Grace.

Sebagai informasi, Demo Day yang digelar pada Kamis (2/4/2019) di Hotel Shangrilla Jakarta ini merupakan puncak dari rangkaian KATAPEL Batch 2. Para peserta sebelumnya telah menggelar shortcourse yang menghadirkan beberapa narasumber untuk berbagi ilmu kepada para pelaku kreatif.

Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah COO Design Licensing International Mochtar Sarman, South-East Asia Licensing Business Director Media Link Animation International Ltd Bambang Sutedja, dan Country Head Animation International Helena Irma Tegoeh.

20 IP yang memasuki fase Top 20 diminta untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dalam shortcourse, dan akan dipertemukan dengan undangan, yang terdiri dari brand owners, potential investors, dan license buyers.


Setelah itu 20 IP terpilih yang tampil pada Demo Day ini akan terseleksi menjadi Top 5 yang diumumkan pada akhir acara. 5 IP terpilih akan mendapatkan mentorship selama setahun dan berkesempatan untuk mengikuti berbagai bertaraf internasional, seperti China Licensing Expo 2019 di Shanghai.
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed