DetikNews
Jumat 03 Mei 2019, 18:40 WIB

TKN Pertanyakan Fadli soal Petugas KPPS 'Meninggal karena Tekanan': Tendensius!

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN Pertanyakan Fadli soal Petugas KPPS Meninggal karena Tekanan: Tendensius! Ace Hasan (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mempertanyakan penyebab meninggalnya petugas KPPS dan menduga ada faktor tekanan. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pun heran terhadap sikap Fadli itu.

"Cara Fadli dengan mempertanyakan para petugas KPPS karena tekanan memiliki tendensi bahwa KPPS kita tidak independen, tidak netral, dan meragukan kinerjanya. Sungguh sangat tidak beretika seorang Fadli Zon ini karena lebih sering berhalusinasi," ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Jumat (3/5/2019).



Ace menilai sikap Fadli tersebut menunjukkan Waketum Partai Gerindra itu tak beretika. Fadli, kata dia, seolah tak berempati terhadap banyaknya korban yang berjatuhan.

"Padahal kita tahu bahwa KPPS itu ditunjuk oleh KPU dan penyelenggara pemilu di daerah yang dipilih tanpa adanya intervensi siapa pun, apalagi oleh pasangan calon. Mereka bekerja dengan pengawasan oleh publik dan saksi-saksi masing-masing calon," katanya.

"Kalau Fadli Zon meragukan independensi KPPS, itu sama artinya dengan dirinya yang meragukan petugas pemilu yang memenangkan dirinya sebagai caleg di daerah pemilihannya. Dan juga meragukan suara 02 yang unggul di wilayah-wilayah tertentu. Jadi kita anggap aja Fadli Zon sedang berhalusinasi," sambung Ace.



Sementara itu, terkait desakan agar Situng KPU dihentikan, Ace menyebut Fadli tengah mencari panggung. Padahal, kata dia, KPU selama ini telah transparan dan memperlihatkan proses Situng yang dilakukan.

"Fadli Zon hari ini cari panggung untuk mempertontonkan bukan akal sehat, tapi akal culas. Walaupun datang ke lokasi Situng, pikirannya sudah diisi dengan prasangka, sehingga tidak terbuka melihat secara objektif," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Fadli menyoroti banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia seusai proses pemungutan suara Pemilu 2019. Fadli menilai banyaknya petugas yang meninggal dunia sebagai hal yang tidak wajar.

"Saya kira itu (banyak petugas KPPS meninggal) juga salah satu hal yang sangat aneh. Kenapa kok banyak petugas yang meninggal di dalam proses ini? Apa betul karena kelelahan? Atau ada faktor-faktor lain? Atau ada tekanan? Atau ada yang lain? Ya karena ini berseliweran juga informasi di masyarakat," ujar Fadli di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/3019).



Tonton video KPU: Bangsa Ini Patut Berterima Kasih kepada KPPS!:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed