Tekan Kecelakaan, Rambu Keselamatan Dipasang di Perlintasan Bulak Kapal Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 03 Mei 2019 10:33 WIB
(Foto: Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI memasang sejumlah rambu dan spanduk keselamatan di perlintasan rel Bulak Kapal, Bekasi. Pemasangan tersebut untuk menekan angka kecelakaan.

"Kebetulan titik di Jalan Pahlawan yang paling rawan di Kota Bekasi," ujar Direktur Jenderal Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam di Jalan Pahlawan, Kota Bekasi, Jumat (3/5/2019).


Foto: Isal Mawardi/detikcom

Pemasangan rambu keselamatan tersebut di Jalan Pahlawan, Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Terdapat 10 rambu keselamatan yang dipasang Kemenhub.

Edi menyebut perlintasan Bulak Kapal, Bekasi, rawan bagi pengendara karena tidak adanya palang pintu kereta api. Selain itu intensitas dan kecepatan kereta api yang melintas cukup tinggi.

"(Pengendara yang melintas) sangat ramai dan progresifitas kereta api cukup tinggi dan kecepatan kereta apai cukup tinggi, tingkat rawannya cukup tinggi oleh karena itu melalui gerakan ini, kita himbau kepada seluruh pemangku kepentingan di Kota Bekasi ini, untuk terus mengikuti gerakan ini sehingga bisa dipasang rambu-rambu," ujar Edi.

Foto: Isal Mawardi/detikcom




Edi menyebut pemasangan palang pintu masih dalam pembahasan Pemerintah Kota Bekasi. Ia juga mengimbau pemda setempat untuk mengerahkan petugas untuk berjaga di perlintasan.

Pantauan detikcom, sejumlah rambu dipasang dipinggir Jalan Pahlawan. Rambu-rambu itu memperingatkan pengendara untuk berhati-hati melintasi perlintasan sebidang.

"Hati-hati 100 meter mendekati perlintasan kereta api," tulisan pada salah satu rambu.

Edi juga memberikan stiker bertuliskan 'Gerakan nasional keselamatan di perlintasan kereta api' kepada sejumlah pengendara motor dan mobil yang melintas. (knv/knv)