Pecinta Alam yang Tewas di Gunung Mekongga Kerap Ikut Evakuasi Pendaki

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 03 Mei 2019 09:44 WIB
Pencinta alam terseret arus sungai setelah mengevakuasi pendaki yang tersesat di Gunung Mekongga. (Foto: Istimewa)
Kendari - Husnawati Tombo, pecinta alam yang tewas setelah evakuasi pendaki di Gunung Mekongga, Sulawesi Tenggara, dikenal sebagai sosok yang peduli. Una, panggilan akrab Husnawati, bukan sekali saja ikut mengevakuasi pendaki di Gunung Mekongga.

"Ini bukan kali pertama ia (Una) ikut untuk menolong. Beberapa tahun lalu saat ada kejadian yang sama di Gunung Mekongga, Una juga ikut dalam tim pertolongan dan pencarian," kata Kepala SAR Kendari, Djunaidi, Kamis (2/5/2019) malam.




Una diketahui tewas terseret arus sungai di Gunung Mekongga setelah mengevakuasi 12 pendaki yang tersesat. Jenazah Una kemudian dibawa pulang ke kampung halamannya di Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

"Malam ini kita lakukan serah terima jasad korban, Una di Kantor SAR Kendari untuk kemudian dibawa ke Raha," ujar Djunaidi.

Sebelumnya, pascaevakuasi 12 pendaki di Gunung Mekongga, tim penyelematan harus melewati empat sungai. Una diduga tak bisa menggapai tali yang digunakan untuk menyeberangi sungai hingga terseret arus. (zak/zak)