FKUB Sekadau Kalbar Puji Proses Pemilu Lancar dan Damai

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 03 Mei 2019 02:30 WIB
Proses rekapitulasi suara di Sekadau (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sekadau, Kalimantan Barat (Kalbar), memuji pelaksanaan Pemilu 2019 di Sekadau yang berlangsung damai. FKUB mengatakan proses pemungutan suara hingga rekapitulasi di tingkat kabupaten berjalan lancar.

"Penyelenggaraan tahapan pemilu di Sekadau tergolong sukses, aman, dan damai. Sejauh ini prosesnya rampung hingga tahap pelaksanaannya pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten," kata Ketua FKUB Sekadau Kalbar Paulus Lion, Kamis (2/5/2019).

Paulus mengaku mengamati jalannya proses rapat pleno Pemilu 2019 di Sekadau. Dia menyatakan proses penghitungan suara dilaksanakan dengan transparan.



"Sebagai tokoh masyarakat, saya ingin memastikan apakah semua berjalan baik, dan saat saya tengok, saya amati, saya yakin pleno oleh PPK Sekadau transparan, jujur, adil, demokratis," ucap dia.

Tokoh masyarakat Sekadau, Nikodemus Boho, juga menilai tahapan pemilu di wilayahnya jauh dari kekisruhan. Dia menyebut hal itu terjadi karena masyarakat Sekadau bersikap dewasa.

"Memang jika dibandingkan dengan daerah di provinsi lain, penyelenggaraan pemilu di sini tergolong minim kasus dan kerusuhan. Hal ini tentunya berkat sikap kedewasaan masyarakat Sekadau yang tinggi," ujar Nikodemus.

Meski demikian, dia mengatakan sempat ada dugaan politik uang yang terjadi. Namun hal itu sudah diselesaikan oleh Bawaslu.



"Sempat ada kendala terkait dugaan money politics di Kecamatan Nanga Mahap, namun hal ini dapat diselesaikan Bawaslu di sini," tutur dia.

"Proses demokrasi yang sudah baik jangan dicederai dengan hal-hal yang tidak baik. Masyarakat pendukung capres dan caleg mana pun, saya ajak untuk tetap mempertahankan keamanan dan persatuan," sambungnya.


Simak Juga "Habibie Bertemu Tokoh Nasional Bahas Kondisi Pasca-Pemilu":

[Gambas:Video 20detik]

(aud/haf)