Polres Jakpus Siagakan Pos Pantau Antisipasi Tawuran Selama Puasa

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Kamis, 02 Mei 2019 18:59 WIB
Kombes Harry Kurniawan (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Pusat menyiagakan pos pantau menjelang Ramadan. Pos pantau disiapkan untuk meminimalkan tingkat kriminalitas selama bulan puasa.

"Pada prinsipnya sudah kita petakan potensi-potensi kerawanan pada saat Ramadan, seperti sahur on the road, kerawanan sahur on the road, kerawanan tawuran di beberapa titik. Kita akan siapkan pos taktis, pos pantau, pos pengamanan di titik-titik rawan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan kepada detikcom, Kamis (2/5/2019).

Harry mengatakan polisi sudah memetakan titik-titik daerah di Jakarta Pusat yang rawan akan tindakan kriminalitas, di antaranya Johar Baru dan Menteng Tenggulun, yang rawan aksi tawuran.

"Di Menteng Tenggulun dan di Johar Baru (titik rawan tawuran). Kalau di Kemayoran nanti kita lihat eskalasi kerawanannya, ya," ungkapnya.

Harry menyebut petugas kepolisian akan berjaga penuh dan semakin rutin berpatroli di wilayah Jakpus. Polisi juga akan menggelar patroli selama bulan puasa.

"Jumlah personel kita semua turun ya, kan anggota kita 1.700," kata Harry.

Sementara itu, Harry mengimbau agar masyarakat tidak melakukan tindak kriminal, seperti tindak kejahatan, tawuran, hingga balap liar. Menurutnya, tindakan itu merugikan dan sering memakan banyak korban.

"Yang jelas di bulan Ramadan ini semua harus menahan diri, tidak (berbuat) kegiatan yang menimbulkan kerawanan, ya dihindari, apalagi balapan liar karena sudah banyak pengalaman balapan liar memakan banyak korban. Supaya bisa berlebaran, ya hindari hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain," pungkas Harry. (sam/mea)