detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 17:56 WIB

Usai Evakuasi Pendaki di Gunung Mekongga, Pencinta Alam Tewas Terseret Arus

Sitti Harlina - detikNews
Usai Evakuasi Pendaki di Gunung Mekongga, Pencinta Alam Tewas Terseret Arus Pencinta alam terseret arus sungai setelah mengevakuasi pendaki yang tersesat di Gunung Mekongga. (Foto: dok. Istimewa)
Kolaka Utara - Seorang potensi SAR Husnawati Tombo meninggal setelah mengevakuasi 12 pendaki Gunung Mekongga yang tersesat. Husnawati meninggal karena terseret arus sungai di kawasan Pegunungan Mekongga, Desa Tinokari, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Terserat di sungai, arusnya deras sekali saat perjalanan balik usai evakuasi," kata juru bicara SAR Kendari Wahyudi kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).


Wahyudi menjelaskan anggota komunitas pencinta alam (KPA) Kepal Kendari itu terseret arus sungai yang dilewati dalam perjalanan pulang setelah mengevakuasi para pendaki yang tersesat. Sebanyak 12 pendaki tersebut sebelumnya dilaporkan tersesat di Gunung Mekongga pada Senin (29/4).

Mereka kemudian ditemukan selamat. Dari 12 pendaki tersebut, diketahui terdapat tiga orang perempuan.

Tim SAR bersama TRC BPBD Kolut, TNI-Polri, komunitas pencinta alam, serta masyarakat kemudian melakukan evakuasi untuk membawa turun para pendaki. Dalam perjalanan membawa turun pada pendaki itulah Husnawati terseret arus sungai.
(mae/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed