detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 17:49 WIB

Gerindra soal Banjir: Ada Program Ahok Dilanjutkan-Diperbaiki Anies

Zunita Putri - detikNews
Gerindra soal Banjir: Ada Program Ahok Dilanjutkan-Diperbaiki Anies Anies mengecek pintu air di Jakarta. (Foto: dok. Instagram Anies Baswedan)
Jakarta - Fraksi Gerindra DPRD DKI menilai saran yang disampaikan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) wajar diberikan kepada Anies. Sebab, Ahok pernah menempati jabatan yang sama dengan Anies.

"Ya menurut saya, bagi saya, perbedaan pendapat harus disikapi secara profesional dan itu juga harus paham, jejak digital nggak bisa diingkari. Tentu Pak Anies menyampaikan statement besaran luasan cakupan banjir dan fungsinya lebih besar itu kan terekam dalam jejak digital. Kita harus pahami secara proporsional saja, Pak Ahok kerjanya bagus dalam penanganan saat dia menjabat, dan mungkin dia ingin menyumbangkan pemikirannya. Bagus sajalah," kata Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra Syarif kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).



Syarif menilai setiap masukan dari siapa pun pasti akan dipertimbangkan oleh Anies. Termasuk, kata Syarief, saran Ahok itu akan dipertimbangkan dan dikoreksi oleh Anies.

"(Saran Ahok) ada yg perlu dilanjutkan, juga ada yang perlu dikoreksi," katanya.

Dia mencontohkan kebijakan Anies dalam menangani banjir, yang salah satunya drainase vertikal. Menurutnya, kebijakan itu adalah salah satu bentuk koreksi atas program Ahok. Sedangkan untuk program penyebaran pompa air, itu adalah saran dan program Ahok yang dilanjutkan Anies.

"Pak Anies juga kan sekarang sedang (bikin) drainase vertikal. Itu kan yang sedang dilakukan Pak Anies, tahun depan sudah pakai drainase vertikal. Dan drainase vertikal itu kan bagian dari yang dikoreksi Pak Anies, di dalam konsepsi Pak Ahok kan nggak ada drainase vertikal, itu yang dikoreksi," katanya.

Sementara itu, kebijakan Ahok yang dilanjutkan Anies salah satunya penempatan pompa air di beberapa titik. Bukan hanya itu, Syarif juga menyebut program naturalisasi Ahok saat ini menjadi salah satu program lanjutan Anies.



"Jadi daya tampung air hujan ke tanah itu coba diatasi dengan konsep drainase vertikal, masuk pada resapan dan waduk-waduk sementara. Pompa juga dilanjutkan dan sudah ada kok di beberapa titik. Konsep naturalisasi juga mungkin masih jadi rencana Pak Anies, sedang tekuni itu," ucapnya.

Syarif juga meminta Anies segera mempercepat konsep naturalisasi. Terakhir, dia juga menyarankan agar Anies selaku orang sedang menjabat dan Ahok selaku orang yang pernah menjabat duduk bareng dan berdiskusi bersama terkait permasalahan banjir.

"Saya DPRD juga mendorong konsep naturalisasi. Pak Anies, segeralah percontohannya di mana. Tapi sekalipun sudah baik, mestinya gubernur dan mantan gubernur duduk bareng," katanya.



Tonton juga video Anies Sebut Banjir Kemarin Tidak Ada Apa-Apanya Dibanding Era Ahok:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com