detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 16:54 WIB

12 Pesawat TNI AU Jalani Latihan Tempur di Lanud Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
12 Pesawat TNI AU Jalani Latihan Tempur di Lanud Palembang Foto: 12 Pesawat TNI AU Jalani Latihan Tempur di Lanud Palembang (Raja-detikcom)
Palembang - TNI AU menjalani latihan di Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kota Palembang. Latihan rutin ini diikuti 12 pesawat tempur dan dikemas dalam operasi 'Jalak Sakti 2019'.

Dalam latihan tersebut ada 12 pesawat diberangkatkan dari Lanud SMH tujuan Tanjung Pandan, Bangka Belitung sejak Pukul 09.30 WIB. Sekitar 1 jam terbang, pesawat kembali ke Lanud SMH.

Target penyerangan selama latihan ini merupakan wilayah yang dikuasai oleh kelompok separatis bersenjata yang di tumpangi penduduk dari negara asing.



"Dalam latihan hari ini semua pesawat berasal dari luar Kota Palembang. Dari Skuadron Pekanbaru, ada 4 pesawat F16, 4 pesawat Hawk dari Skuadron I Pontianak, terus 4 pesawat Hawk dari Skuadron 12 Pekanbaru, Riau," terang Danlanud SMH, Kolonel Pnb Heri Sutrisno, Kamis (2/5/2019).

Dikatakan Heri, serangan udara diawali dengan mengirimkan 4 pesawat Hawk ke lokasi. Selanjutnya disusul pesawat lain untuk melakukan serangan secara beruntun.

Saat pesawat ilir mudik, terlihat ratusan masyarakat menyaksikan di lanud SMH. Ada yang mengabadikan momen ketika pesawat lepas landas, sampai pesawat kembali mendarat.

"Pesawat ini dibeli pakai uang rakyat ya, jadi rakyat harus melihat. Setelah latihan ini akan dilanjutkan static show, kan bisa disaksikan karena ini sebagai rangkaian Bulan Dirgantara 2019 TNI AU," katanya.

Sementara itu, Danwing 7 Kolonel Pnb Radar Soeharsono mengatakan latihan kali ini merupakan latihan antar satuan. Di mana Satuan Jalak Sakti bergabung dengan Harda Maruta Paskhas.



"Alutsista ini amanah dari rakyat. Kami sengaja suguhkan kepada masyarakat Palembang agar dapat melihat langsung kekuatan alutsista TNI," ujar Soeharsono.

Selain latihan tempur, ada pula pameran alutsista yang digagas TNI AU dan juga melibatkan pihak Kodam II Sriwijaya, TNI AL, Polda Sumatera Selatan, Basarnas. Pertunjukan pesawat, kapal dan persenjataan yang digelar di Lapangan Base Ops Lanud SMH Palembang dibuka secara gratis untuk masyarakat.
(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com