DetikNews
Kamis 02 Mei 2019, 16:21 WIB

Hardiknas, Mahasiswa di Maros Demo Tuntut Janji Bupati soal Beasiswa

Moehammad Bakrie - detikNews
Hardiknas, Mahasiswa di Maros Demo Tuntut Janji Bupati soal Beasiswa Mahasiswa Demo di Maros (Foto: Bakrie/detikcom)
Maros - Sejumlah mahasiswa dari berbagai organisasi menggelar unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Jalan Poros Trans Sulawesi, Maros, Sulawesi Selatan. Mahasiswa menuntut Bupati Maros merealisasikan janji terkait beasiswa.

"Jadi ada dua hal yang menjadi tuntutan utama kami pada Hardiknas kali ini yakni, soal realisasi beasiswa dan pemerataan infrastruktur pendidikan. Kami sudah lelah dijanjikan terus oleh pemerintah," kata Korlap Aksi, Syaifullah, Kamis (02/05/2019).



Massa aksi menganggap pemerintah daerah selama ini tidak memperhatikan pemerataan infrastruktur pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia. Pembangunan sekolah dinilai hanya dilakukan di wilayah yang dekat dengan pusat daerah.

"Selama ini, program pembangunan SDM sangat minim dilaksanakan di Maros ini. Belum lagi, banyak sekolah di pelosok itu kondisinya miris, sementara yang dekat-dekat terlalu mewah. Itulah yang membuat kami miris," lanjutnya.



Dari pantauan detikcom, aksi mahasiswa itu sempat diwarnai bentrokan. Bentrokan itu terjadi karena massa aksi hendak memblokade jalan dengan membakar ban bekas.

Petugas kepolisian pun menghalau aksi bakar ban itu. Kericuhan pun tak terhindarkan.

Aksi yang digelar di tengah jalan ini juga sempat membuat arus lalu lintas macet dan terpaksa dialihkan. Kericuhan mereda, saat beberapa petugas kepolisian melakukan pendekatan persuasif kepada perwakilam massa.

Usai menggelar orasi di jalan, massa kemudian mendatangi kantor Bupati Maros. Karena tidak ditemui oleh perwakilan Bupati, merekapun melanjutkan aksi mereka di kantor DPRD Maros.




(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed