DetikNews
Kamis 02 Mei 2019, 12:08 WIB

Menteri Siti Kenalkan Sistem Pengendalian Asap BMKG ke Perwakilan ASEAN

Eva Safitri - detikNews
Menteri Siti Kenalkan Sistem Pengendalian Asap BMKG ke Perwakilan ASEAN Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: Eva/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama perwakilan negara ASEAN melakukan kunjungan ke Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi BMKG terutama dalam sistem pengendalian asap akibat kebakaran hutan.

"Saya dapat informasinya ini termasuk lembaga meteorologi dan geofisika yang terbaik juga di dunia, jadi saya pamerin lah ceritanya ke Sekjen ASEAN dan perwakilan negara tetap lain," ujar Siti di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

"Ini juga penting untuk memberikan gambaran kepada negara subregional ASEAN untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Bahwa Indonesia itu advance dalam pengetahuan teknologi," lanjut Siti.

Foto: Eva/detikcom



Foto: Eva/detikcom


Adapun tempat yang dikunjungi adalah ruang operasional ke Meteorological Early Warning System (MEWS) dan Indonesia Tsunami Early Warning System (lnaTEWS). Siti pun memperkenalkan sistem pengendalian asap yang dimiliki BMKG kepada Sekjen dan perwakilan negara tetap ASEAN.

"Saya melaporkan kepada Pak Sekjen bahwa instrumen di Indonesia bagus-bagus banget, tadi kita sudah dapatkan informasi tentang laboratorium untuk pencegahan kebakaran hutan juga tsunami. Pak Sekjen juga sudah berfikir, nanti kita dengar dari beliau," katanya.



Siti berharap nantinya negara ASEAN dapat menerapkan sistem yang sama dengan BMKG. Sehingga sistem teknologi ini tak hanya dipakai di Indonesia tapi juga untuk negara di seluruh dunia.

"Mungkin memang sudah seharusnya di seluruh negara ASEAN punya yang seperti ini, analisis kebakaran kah, analisis arah angin, analisi tsunami, dan lain-lain. Itu harusnya tinggal diatur begitu rupa sistemnya bukan hanya untuk Indonesia tapi juga untuk negara lain," paparnya.


Saksikan juga video 'Kalimantan Jadi Kandidat Ibu Kota, BNPB: Paling Aman dari Bencana':

[Gambas:Video 20detik]


(eva/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed