Jokowi Ucapkan Selamat ke Kaisar Baru Jepang

Indah Mutiara Kami - detikNews
Kamis, 02 Mei 2019 09:58 WIB
Joko Widodo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat untuk Kaisar Jepang yang baru, Naruhito. Jokowi juga memberi penghargaan tertinggi kepada Akihito, yang telah turun takhta.

"Penghargaan saya yang tertinggi kepada Yang Mulia Kaisar Akihito, yang baru saja turun tahta," tulis Jokowi di Instagram, Kamis (2/5/2019).

Bagi Jokowi, dedikasi Akihito selama masa kekaisarannya telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di kawasan. Kepemimpinan Akihito juga berperan dalam memajukan hubungan di antara masyarakat.

"Ucapan selamat saya yang paling tulus atas naik tahtanya Kaisar Naruhito," kata Jokowi.


Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako saat menyampaikan pidato pertamanya / Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri Masako saat menyampaikan pidato pertamanya. (Foto: Imperial Household Agency of Japan/Handout via Reuters)


Kepemimpinan Kaisar Naruhito bersamaan dengan dimulainya era baru di Jepang, yaitu era Reiwa. Jokowi punya harapan terkait hubungan Indonesia-Jepang di era baru ini.

"Dengan masuknya era Reiwa, Indonesia mengharapkan dapat terus memperkuat kemitraan strategis dengan Jepang, dan bekerja sama dalam mencapai harmoni yang selaras di kawasan dan dunia," ungkapnya.



Saksikan juga video 'Kaisar Akihito Resmi Turun Takhta, Warga Berduyun-duyun ke Istana':

[Gambas:Video 20detik]


Sebelumnya diberitakan, Jepang secara resmi memulai era kekaisaran baru Reiwa atau Harmoni yang Indah dengan naiknya kaisar baru, Naruhito. Upacara penobatan Naruhito digelar pada Rabu (01/05), sehari setelah ayahnya, Akihito, menjadi kaisar pertama yang turun takhta secara sukarela dalam dua abad kekaisaran Jepang.


(imk/knv)