DetikNews
Kamis 02 Mei 2019, 03:36 WIB

Menlu RI dan Qatar Bahas Pengiriman Tenaga Medis Profesional dari Indonesia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menlu RI dan Qatar Bahas Pengiriman Tenaga Medis Profesional dari Indonesia Foto: Retno Marsudi (dok. istimewa)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mendorong kerja sama konkret dalam pertemuan tingkat menteri (PTM) Asia Cooperation Dialogue (ACD) di Doha, Qatar. Dalam pertemuan itu Menlu Retno dan Menlu Qatar bertemu untuk membahas pengiriman tenaga medis profesional dari Indonesia.

"Kerjasama ACD harus konkret. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup jawab tantangan zaman." kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/5/2019)

Retno menjelaskan Indonesia mempunyai peran besar dalam forum tersebut. Dia mengatakan Indonesia berperan dalam memajukan bidang energi terbarukan.

"Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia sebagai co-prime mover ACD di bidang energi dengan memajukan kerja sama pengembangan energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional terkait pendayagunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT)," ungkap Retno.

Pertemuan ini sendiri dihadiri pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD guna membahas uoaya peningkatan kerja sama berbagai isu. Termasuk dalam bidang konektivitas seperti pendidikan, keamanan pangan, energi, air, budaya dan pariwisata serta praktek keberlanjutan di bidang energi.

Forum tersebut menyepakati upaya untuk memajukan ACD berupa penysunan struktur dan mekanisme baku terkait Sekretariat ACD. Dalam kesempatan ini pula, pertemuan ACD ke-16 menerima anggota baru yaitu Palestina.

Selain melakukan pertemuan dalam ACD, Retno juga berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan Menlu Qatar. Pertemuan untuk membahas peluang kerja sama di bidang pengiriman tenaga medis dan paramedis profesional dan terlatih dari Indonesia.


Simak Juga "Merasa Tak Berkontribusi Besar, Qatar Cabut dari OPEC":

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed