2 Dermaga di Bakauheni Sedang Diperbaiki, Pelabuhan Merak Padat

M Iqbal - detikNews
Rabu, 01 Mei 2019 15:25 WIB
Foto: Kepadatan di Pelabuhan Merak (Dok. Istimewa)
Cilegon - Kepadatan kendaraan terjadi di Pelabuhan Merak, Banten. Ini akibat adanya penutupan 2 dermaga di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dua dermaga di Bakauheni yang tengah diperbaiki yakni dermaga 5 dan 6. Akibatnya dua dermaga di Merak juga ikut ditutup dan menyebabkan kepadatan kendaraan.


"Memang ada problemnya bukan di Merak, tapi di Bakauheni ada perawatan bagian dari dermaga ada perawatan rutin itu terkait dengan persiapan angkutan lebaran 1 dermaga, satunya lagi ada penutupan dermaga akibat adanya ketubruk dari kapal swasta untuk dilakukan perbaikan," kata General Manager PT ASDP Indonesia Cabang Merak, Soliki, Rabu (1/5/2019).

"Akibat dari perbaikan itu dermaga 5 dan 6 maka pasangannya yang di Merak juga harus ditutup karena nggak ada pasangannya," lanjutnya.

Kepadatan terjadi sejak Rabu pagi tadi, jalan Cikuasa Atas selepas keluar tol Merak juga sempat terjadi antrean imbas dari kepadatan di kantong-kantong parkir pelabuhan.

"Akibat dari ditutup itu maka cukup padat, namun sekarang sudah mulai masuk ke lahan parkir semuanya," kata dia.


Rencananya, perbaikan dermaga di Bakauheni selesai pada 5 Mei nanti. Pihaknya berharap agar perbaikan itu selesai tepat waktu agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

"Kemudian memang ini kesempatan kita untuk melakukan perbaikan untuk persiapan angkutan Lebaran itu dermaga 6 dan satunya lagi akibat disenggol atau ditubruk kapal swasta," tuturnya. (gbr/gbr)