detikNews
Selasa 30 April 2019, 15:08 WIB

Jalan Lintas Sumatera Palembang-Jambi Makin Rusak, Warga Mengeluh

Raja Adil Siregar - detikNews
Jalan Lintas Sumatera Palembang-Jambi Makin Rusak, Warga Mengeluh Foto: Kerusakan jalan lintas Sumatera di Musi Banyuasin. Mobil nyaris terguling. (Raja Adil-detikcom)
Palembang - Jalan lintas timur yang ada di Bayung Lencir, Musi Bayuasin (Muba), Sumatera Selatan rusak parah. Jalan itu tak kunjung diperbaiki dan kini membuat kemacetan.

Kerusakan jalan lintas timur tidak hanya di Bayung Lencir saja, tetapi ada pula di beberapa titik di Kecamatan Sungai Lilin. Kerusakan jalan bervariasi, mulai ringan, sedang, hingga berat.


Akibat kerusakan jalan, kendaraan yang melintas dari dua arah sering tersendat. Bahkan warga sekitar mengaku dari Palembang menuju Kota Jambi yang biasanya 6 jam kini sampai 10 jam.

"Setiap hari jalan macet parah. Biasanya Palembang ke Jambi hanya 5-6 jam, tapi sekarang sampai 10 jam. Ini pemerintah pusat tidak ada kerja, perhatikan rakyat," ujar seorang warga, Junaidi saat ditemui detikcom di Bayung Lencir, Muba, Sumsel, Selasa (30/4/2019).

Junaidi menyebut kerusakan jalan saat ini adalah yang terparah selama dia tinggal di daerah tersebut. Kendaraan lintas provinsi dan kendaraan berat pun disebut sering terguling karena jalanan berlubang.

"Sering ada kecelakaan, dulu itu sempat ada perbaikan, tapi cuma sedikit. Malah jalan rusaknya sekarang ini makin parah dan lubangnya dalam-dalam," imbuhnya.

Dari catatan detikcom, kerusakan jalan lintas ini sudah terjadi sejak akhir tahun 2018 lalu. Pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V pun sempat menjanjikan jalan diperbaiki di April tahun ini.

Jalan Lintas Sumatera Palembang-Jambi Makin Rusak, Warga MengeluhFoto: Kerusakan jalan lintas Sumatera di Musi Banyuasin. Mobil nyaris terguling. (Raja Adil-detikcom)

Sayangnya hingga akhir April ini, jalanan rusak belum ada tanda-tanda diperbaiki. Bahkan belum diketahui kapan bakal ada perbaikan secara menyeluruh mengingat kerusakan jalan semakin parah dan kian meluas.

Kepala BBPJN Wilayah V, Syaiful Anwar ketika dikonfirmasi melalui telepon pun belum memberikan respons. Belum bisa diketahui kapan jalan lintas Sumatera ini akan diperbaiki.


Simak Juga 'Saat Model ABG Bergaya di Kubangan Lumpur Kritik Jalan Rusak':

[Gambas:Video 20detik]


(ras/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed