detikNews
Selasa 30 April 2019, 09:49 WIB

Anies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas Anies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas (Arief/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas. Kawasan integrasi diharapkan mempermudah masyarakat yang ingin berpindah moda angkutan massal.

Ada beberapa moda transportasi di Dukuh Atas, seperti moda raya terpadu (MRT), kereta rangkaian listrik (KRL), kereta api bandara, TransJakarta, dan bus-bus lainnya.

Dukuh Atas menjadi kawasan integrasi pertama yang diresmikan oleh Anies. Diharapkan akan ada beberapa kawasan integrasi transportasi diresmikan di tempat lain.

Anies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh AtasAnies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas (Arief/detikcom)

"Ikhtiar kita untuk dorong integrasi antar moda transportasi memasuki fase baru. Kata kunci yang harus dipegang adalah bagaimana itu yang ada di Jakarta terintegrasi seperti jaringan saluran darah dalam tubuh," ucap Anies saat sambutan peresmian Kawasan Integrasi Dukuh Atas dan Peresmian Air Siap Minum, di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (30/4/2019).


Anies ingin masyarakat Jakarta meninggalkan kendaraan pribadi. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta akan mengutamakan pembangunan fasilitas untuk pejalan kaki nyaman menggunakan transportasi umum.

"Kita ingin dorong nomor satu pejalan kaki, kedua kendaraan bebas emisi, ketiga kendaraan umum, terakhir kendaraan pribadi," kata Anies.


Anies Resmikan Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh AtasFasilitas air siap minum. (Arief/detikcom)

Selain itu, Anies pun menyebut pembangunan fasilitas air siap minum di Dukuh Atas bisa mendidik masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Mereka akan mengurangi sampah plastik dengan membawa botol minum pribadi.

"Fasilitas air siap minum tampak sederhana, tapi di balik itu ada pesan fundamental, bagaimana kita mulai biasakan untuk gunakan barang yang minimum sampah, apalagi plastik dengan cara bawa tumbler, alat untuk minum, dan mengambil air yang sudah tersedia," kata Anies.



Simak Juga 'Anies Jajal Bus Listrik Transjakarta ke Bundaran HI';

[Gambas:Video 20detik]


(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed