DetikNews
Senin 29 April 2019, 21:47 WIB

Berkas Dakwaan Dilimpahkan ke PN Jaksel, Joko Driyono Segera Disidang

Yulida Medistiara - detikNews
Berkas Dakwaan Dilimpahkan ke PN Jaksel, Joko Driyono Segera Disidang Joko Driyono memakai rompi tahanan berwarna oranye (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kejari Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) melimpahkan berkas dakwaan tersangka Joko Driyono (Jokdri) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Jokdri akan segera menjalani sidang kasus perusakan barang bukti pengaturan skor sepak bola Indonesia.

"Jaksa penuntut umum telah melimpahkan tersangka inisial JD (Plt Ketua Umum PSSI), barang bukti, surat dakwaan, dan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam perkara dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan/atau memasuki dengan cara membongkar, merusak, atau menghancurkan barang bukti yang telah dipasangi police line oleh penguasa umum," kata Kapuspenkum Kejagung Mukri dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/4/2019).




Saat ini jaksa tengah menunggu penetapan sidang perdana Jokdri. Berkas dakwaan Jokdri sendiri dilimpahkan ke PN Jaksel pada Jumat (26/4).

"Bahwa dengan dilimpahkannya tersangka, barang bukti, surat dakwaan, dan berkas perkaranya ke Pengadilan tersebut, jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan saat ini masih menunggu penetapan hari sidang dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar Mukri.

Tersangka Jokdri disangkakan melanggar Pasal 363 ke-3e dan 4e KUHP atau Pasal 235 KUHP atau Pasal 233 KUHP atau Pasal 232 KUHP atau Pasal 221 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.




Selain Jokdri, polisi lebih dulu menyerahkan enam tersangka terkait pengaturan skor sepak bola Indonesia ke Kejagung, yang kemudian diserahkan ke Pengadilan Negeri Banjarnegara untuk disidangkan. Penyerahan keenam tersangka tersebut dilakukan pada Rabu (10/4) berikut dengan dua kotak barang bukti berisi dokumen-dokumen.

Keenam tersangka yang diserahkan itu adalah anggota Exco PSSI dan Ketua Asprov Jawa Tengah Tjan Ling Eng alias Johar; mantan anggota Komite Wasit Priyanto dan anaknya, Anik Yuni Artika Sari; anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih; Direktur Penugasan Wasit PSSI Mansyur Lestaluhu; serta wasit pertandingan Nurul Safarid.
(yld/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed