DetikNews
Senin 29 April 2019, 18:20 WIB

TKN Bela Jokowi Soal Motor: Dahnil Nggak Gentle, Salah Malah Nuduh Orang

Elza Astari Retaduari - detikNews
TKN Bela Jokowi Soal Motor: Dahnil Nggak Gentle, Salah Malah Nuduh Orang Foto: Abdul Kadir Karding. (Dok TKN Jokowi-Ma'ruf Amin).
Jakarta - Dahnil Anzar Simanjuntak menyindir sepeda motor Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi klarifikasi soal pajak kendaraan vespanya yang mati hampir 5 tahun. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengkritik balik Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu.

"Saya melihat Mas Dahnil ada unsur kesengajaan untuk tidak membayar pajak. Teknis surat menyurat bukan alasan yang bisa dibenarkan atau dipercaya begitu saja. Saya kira memang ada unsur kesengajaan untuk tidak taat," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Senin (29/4/2019).

Menurut Karding, Dahnil tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Ia juga menyoroti Dahnil yang mencari alasan belum bisa membayar pajak Vespa-nya karena kesulitan mengurus surat-surat kendaraan motor lama itu.

"Sebagai warga negara yang baik, apalagi public figure harus memberi contoh dong. Bahwa kalau memiliki kendaraan masanya sudah habis dibayar lah. Itu warga negara yang baik," kata Karding.


"Jangan kemudian melanggar hukum, tetapi menyalahkan orang lain. Itu namanya tidak gentle. Kalau salah tinggal ngomong, 'maaf saya akan bayar, saya janji tidak akan mengulangi lagi'. Jangan atas nama administrasi lah, hobi lah. Itu orang akan anggap cari-cari alasan. Intinya melanggar," imbuh politikus PKB itu.

Saat berbicara mengenai pajak motor Vespa-nya yang mati, Dahnil justru membandingkan dengan motor Jokowi yang dinilai tidak jelas. Karding pun memberi pembelaan untuk Jokowi dan menyebut Dahnil hanya cari pembenaran saja.

"Melanggar kok masih cari pembenaran, dan nuduh orang lagi. Itu tidak baik. Sangat disayangkan sikap mas Dahnil seperti itu. Tidak baik, tidak memberi contoh dan inspirasi," tuturnya.

TKN Bela Jokowi Soal Motor: Dahnil Nggak Gentle, Salah Malah Nuduh OrangFoto: Tangkapan layar Twitter Dahnil dengan vespanya.


"Yang ada memberi contoh tidak baik, salah tapi menyalahkan orang lain atau membandingkan orang lain. Saya juga ada motor, tetapi kami tetap taat. Kalau ada yang belum dibayar, ya segera dibayar," sambung Karding.

Anggota Komisi III DPR ini juga menegaskan motor Jokowi yang dipersoalkan Dahnil tak memiliki masalah. Surat-surat motor Jokowi, menurut Karding, sudah lengkap.

"Setahu saya motor Pak Jokowi lengkap. Pak Jokowi itu orang yang detil, nggak akan teledor soal begituan," ujar Karding.

Sebelumnya diberitakan, Vespa Dahnil disorot warganet karena pajak kendaraan bermotor dan STNK-nya sudah mati. Ia menyinggung sepeda motor Jokowi ketika memberi klarifikasi.

"Jokowi keliling pakai motor mahal dan baru tapi surat-surat dan kelengkapannya tidak jelas," kata Dahnil, Senin (29/4).


Dahnil menjelaskan, kelengkapan surat-surat dari sepeda motor tua adalah hal yang sulit diurus. Problem itu adalah hal yang biasa dihadapi oleh para pemilik vespa klasik seperti dirinya.

"Motor vespa tua itu rata-rata mengalami hal seperti itu, kesulitan mencari surat-suratnya apalagi beli rongsokan kemudian dimodifikasi. Butuh proses waktu pengurusan. Beda dengan koleksi motor besar mahal seperti punya Pak Jokowi," ucap Dahnil.

Pajak dan STNK Vespa Dahnil disorot usai dia mengunggah foto di akun Twitter-nya. Dalam foto itu, Dahnil tampak berpose dengan anaknya dan juga ada vespa tua. Dia hendak mengantarkan anaknya ke sekolah dengan mengendarai vespa itu.


Vespa itu adalah Vespa Sprint 4 Speed 150 cc, tahun 1975. Pajak dan STNK Vespa itu sudah mati sejak lima tahun silam. Masa akhir pajak dan STNK adalah 20 Juli 2014.

Soal sepeda motor Jokowi yang disinggung Dahnil, Jokowi sendiri sudah pernah menjelaskan. Sepeda motor Jokowi yang dimaksud adalah Royal Enfield yang dimodifikasi bengkel Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Sudah komplet. Kita beli juga sudah komplet. Platnya ada, STNK-nya ada, nomor mesin, sudah ada semua," kata Jokowi Jokowi kepada wartawan di halaman GOR Dempo, Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (22/1/2018) lalu.



Tonton juga video Saat Elite TKN Salami dan Sapa 'Siap Presiden' ke Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]


(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed