detikNews
Senin 29 April 2019, 17:53 WIB

Margonda Sering Kebanjiran, Pemkot Depok: Penyebabnya Sampah

Matius Alfons - detikNews
Margonda Sering Kebanjiran, Pemkot Depok: Penyebabnya Sampah Foto: Ilustrasi Jalan Margonda (Grandyos Zafna)
Depok - Hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan mengakibatkan sebagian ruas Jalan Margonda, Depok kebanjiran. Pemkot Depok menyebut banjir terjadi karena sampah yang menumpuk di gorong-gorong.

"Yang sebabkan itu ya sampah yang pasti, kemudian ada juga limbah lemak dari restoran. Coba lihat aja buka (gorong-gorong) depan (menyebutkan restoran, red) itu limbah lemaknya," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok Citra indah Yulianti saat dihubungi detikcom, Senin (29/4/2019).

Citra mengatakan, pihaknya telah menegur restoran tersebut untuk tidak membuang limbah sembarangan. Ia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Pemkot Depok rutin menangani masalah sampah di Margonda tersebut.

"Untuk teguran ke restoran sudah minta bantuan ke DLHK, sudah ditegur sama teman-teman DLHK, kemudian untuk penanganan Satgas bersihkan rutin minimal seminggu sekali," lanjutnya.



Ada beberapa titik di Jalan Margonda yang sering tergenang banjir. Misalnya di depan Balai Kota Depok, depan Stasiun Depok, depan Terminal Depok, belakang Mall Depok, di depan Dealer Nissan, Detos dan simpang Margonda-Juanda.

"Bukan banjir, karena itu (ketinggiannya) hanya 30 cm dan setengah jam sudah surut. Jadi lebih dari 3 jam disebut banjir, kalau kurang dari 3 jam genangan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Citra mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah jika tidak ingin kebanjiran.

"Iya himbauannya jangan buang sampah sembarangan yang pasti," kata Citra.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed